POPULAR STORIES

Royal Riders Indonesia Bangkitkan Semangat Nasionalisme Penggiat Roda Dua Lewat Parade Kemerdekaan

Royal Riders Indonesia Bangkitkan Semangat Nasionalisme Penggiat Roda Dua Lewat Parade Kemerdekaan Royal Riders Indonesia Bangkitkan Semangat Nasionalisme Penggiat Roda Dua Lewat Parade Kemerdekaan

Royal Riders Indonesia (RORI), sebuah komunitas penggemar motor dari negara asal Ratu Elizabeth, Royal Enfield, tekankan pentingnya semangat nasionalisme dan cinta Indonesia kepada kalangan penggiat roda dua di ibukota melalui Parade Kemerdekan. Pada acara kali ini, Royal Riders Indonesia bersama lebih dari 100 pengendara Royal Enfield se-Jakarta, berpawai mengelilingi jalan-jalan protokol Indonesia dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-72.

Sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta bergeliat menjadi katalis pembangunan ekonomi dan budaya nasional, yang saat ini mulai terbawa oleh arus modernitas yang tak jarang mengesampingkan rasa persaudaraan dan cinta Indonesia. “Jakarta merupakan sebuah melting pot berkumpulnya berbagai elemen suku bangsa, agama dan ras, sehingga menjadi cerminan Indonesia sendiri. Melalui Parade Kemerdekaan, kami berupaya untuk mengingatkan masyarakat Jakarta akan rasa cinta tanah air yang memiliki nilai budaya yang luhur dan positif di dalamnya,” ungkap Captain RORI, Doddy Setty.

Selain itu, Doddy menambahkan bahwa lewat parade kemerdekaan, RORI berusaha untuk mengingatkan kembali semangat juang para veteran yang bertempur pada masa kemerdekaan serta budaya dan kearifan lokal khas nusantara. “Kami berharap agar masyarakat Jakarta yang melihat parade kami dapat mengingat kembali sejarah dan budaya Indonesia, bahkan mulai menggali lebih dalam akan nilai-nilai tersebut,” tambah Doddy.

Selain mengadakan di Jakarta, RORI juga mengadakan parade di saat yang bersamaan di Surabaya dan Denpasar melalui chapter-chapternya. Acara ini juga turut didukung oleh PT Distributor Motor Indonesia (DMI), selaku agen pemegang merek motor Royal Enfield. “Tentunya kami tidak bisa berjalan sendiri dalam membangkitkan semangat nasionalisme di masyarakat Indonesia. Ini adalah tugas kita semua. Kami berterima kasih atas dukungan rekan-rekan East Java and Bali Chapter dan PT DMI yang turut berpartisipasi pada hari ini,” ucap Panitia Parade Kemerdekaan RORI Sutan Manurung.

“Ingat, bahwa sejumlah negara maju seperti Jepang dan Korea Selatan memiliki nasionalisme yang tinggi dan cinta akan budaya lokalnya. Indonesia sebagai bangsa yang kaya dengan sejarah, seni dan budaya harusnya bisa lebih menonjol sehingga kekayaan budaya tersebut bisa menjadi nilai jual yang tinggi bagi bangsa ini. Hal ini bisa terwujud apabila masyarakat cinta pada sejarah dan budayanya sendiri,” tutup Sutan.

Berita Terkait

Berita Terkait