POPULAR STORIES

Ruslan Maulana, Dari Waiter Hingga Kepala Cabang Yamaha Mekar Motor Bintaro

Ruslan Maulana, dari Waiter Hingga Kepala Cabang Yamaha Mekar Motor Bintaro Komunikasi dialog inilah yang paling tepat untuk menjadi Kepala Cabang di sini, Yamaha Mekar Motor Bintaro. (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Kesuksesan yang diraih oleh dealer Yamaha Mekar Motor Bintaro diantaranya berkat pengarahan oleh pria yang satu ini. Sebagai Kepala Cabang Yamaha Mekar Bintaro, ia terus memberikan hasil yang terbaiknya bersama para sales, koordinator dan tentunya ia pun sangat memperhatikan bimbingan yang diarahkan General Manager Yamaha Mekar Bintaro untuk kibarkan bendera Yamaha Mekar Motor Bintaro. Namun dibalik kesuksesan ini, ternyata pria yang bernama Ruslan Maulana awalnya sebagai waiter di Bogor. Beginilah ceritanya.

Ruslan Maulana merupakan kelahiran Bogor, Jawa Barat tepatnya tanggal 18 September 1984. Sehari-harinya kini ia berprofesi sebagai Kepala Cabang Yamaha Mekar Motor Bintaro. Sebagai Nahkoda di Yamaha Mekar Bintaro, tentunya awal ia diamanahkan memegang pucuk kepemimpinan tersebut, program yang ia jalankan adalah merangkul semua karyawan yang ada di dealer tersebut.

"Program saya pertama menjadi Kepala Cabang di Yamaha Mekar Motor Bintaro adalah saya harus kenal semua karyawan dan menyapa semua yang ada di dealer ini. Intinya, harus pendekatan kepada semua karyawan Yamaha Mekar Bintaro. Selanjutnya setelah pendekatan tersebut, barulah saya menjalani program-program untuk Yamaha Mekar Bintaro," ucap Ruslan, bapak dua anak ini.

Menurutnya, jika karyawan Yamaha Mekar Motor Bintaro ada problem, ia segera mengambil langkah yang tepat. Yakni, ia terlebih dahulu melihat kesalahan karyawan tersebut. Kemudian, ia akan mengambil tindakan untuk karyawan yang mempunyai kesalahan itu sesuai dengan permasalahannya.

"Saya akan menegur karyawan itu. Saya akan tanya karyawan tersebut kenapa problem bisa terjadi. Barulah saya bisa mengambil tindakan," kata Ruslan.


Ruslan Maulana, Kepala Cabang Yamaha Mekar Motor Bintaro diruang kerjanya. (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Komunikasi Dialog
Sebagai Kepala cabang, ia tidak mau dicap oleh karyawannya sebagai pimpinan yang harus ditaati dan diturutinya. Namun, sistim kerja, kepemimpinan yang ia jalani adalah komunikasi dialog. Komunikasi dua arah, antara dirinya dengan karyawan. Begitu sebaliknya, karyawan dengan dirinya.

"Komunikasi dialog inilah yang paling tepat untuk menjadi Kepala Cabang di sini, Yamaha Mekar Motor Bintaro. Dengan demikian, sebagai Kepala Cabang, saya dapat menyampaikan misi dan visi saya serta program-program untuk meningkatkan Yamaha Mekar Motor Bintaro. Dan, karyawan pun bisa menjalaninya dengan baik," ungkapnya lagi.


Jalani Profesi Waiter, Astra Honda Motor
Pekerjaan awalnya yang ia lakoni adalah sebagai waiter di wilayah Bogor, Jawa Barat. Sebagai seorang waiter ia mempunyai keinginan untuk terus memberikan yang terbaik di pekerjaan yang ia jalaninya ini. Berkat kegigihannya, setiap bulan ia mempunyai peningkatan hasil yang lebih baik. Hingga akhirnya ia terpilih sebagai kasir dan marketing di restaurant tersebut.

Singkat cerita, ia mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Ia diterima di Astra Honda Motor (AHM). Saat itu ia sebagai PIC Koordinator lapangan mengenai part-part elektrik.

"Saya bekerja di Astra Honda Motor selama dua tahun. Tahun 2008 sembari bekerja di Astra Honda Motor tersebut, saya menjalani sampingan usaha yaitu menjual handphone. Saat itu saya berusaha mencari penghasilan setinggi-tingginya. Hingga akhirnya saya memilih off dari Astra tersebut dan saya lebih tertarik untuk bekerja di Cargloss," jelas Ruslan.


Gudang Cargloss
Ia ditempatkan di gudang Cargloss, di jalan Pajajaran, Bogor, Jawa Barat. Saat itu ia mulai mengenal tentang helm. Seiring dengan waktu berjalan, ia mengetahui tentang menjual helm dan cat Cargloss. Hingga akhirnya, ia memahami tentang strategi pemasarannya.

"Startegi pemasaran saya dapati di helm dan Cargloss. Saya memberanikan diri untuk menjajakan pemasaran tersebut dari toko ke toko. Tahun berganti tahun, saya pun lebih menguasai lagi tentang penjualan tersebut dan saya semangat di bidang ini. Saya pun berusaha menjadi yang terbaik untuk pekerjaan saya ini," ucapnya.

Ketika itu prinsip yang dimilikinya, dirinya harus menjabat sebagai Kepala Cabang. Dengan kepiawaiannya ia bekerja dan dengan penilaian dari pihak Manajemen yang sangat baik, nama Ruslan Maulana memegang amanah menjadi Kepala Cabang Yamaha Mekar Motor Bintaro hingga sekarang ini.


Ruslan Maulana, Kepala Cabang Yamaha Mekar sedang memantau karyawannya yang sedang fokus bekerja (Foto: KabarOto/Yudi)

 

Baca Juga: