POPULAR STORIES

Untuk Saingi BYD, Hyundai Bakal Siapkan Bus Listrik

Untuk Saingi BYD, Hyundai Bakal Siapkan Bus Listrik Foto: Koreaittimes

KabarOto.com - Hyundai Motors akan mulai resmi memasarkan bus listrik. Bus listrik buatan Hyundai ini mampu menempuh jarak total 260 km dalam sekali isi baterai dalam kondisi full. Baterainya pun hanya membutuhkan lama pengisian satu jam dengan teknologi pengisian cepat.

Hyundai pertama kali memamerkan bus listriknya kepada publik di tahun 2010 namun belum sampai tahap komersialisasi produk karena harga jualnya yang dianggap masih terlalu mahal.

Bus ini dibekali dengan baterai lithium berdaya 204 kwh buatan LG Chem yang dapat menempuh jarak 150 kilometer dalam sekali pengisian ulang.

Baca Juga: Ini Bus Listrik Terpanjang Di Dunia

Menurut koran Korea Herald, Hyundai saat ini sedang mengembangkan teknologi baterai secara mandiri untuk bus listriknya dengan meminimalisir risiko baterai meledak.

Saat ini, produsen bus listrik terbesar di dunia adalah BYD Auto dari China. Perusahaan ini sudah mengekspor banyak bus listrik ke berbagai negara, termasuk ke Eropa.

Di Korea, BYD Auto sudah merintis pasar dengan mendirikan basis di Pulau Jeju dengan memperkenalkan bus listriknya, K9, di pasar Korea. Bus ini diklaim mampu menempuh jarak lebih dari 300 km dengan sekali proses pengisian baterai.

Produsen bus listrik Korea lainnya adalah Woojin Industrial Systems. Perusahaan ini memamerkan wujud bus listriknya di bulan Maret 2017 lalu dan akan memulai penjualan bus listriknya ke kalangan operator.