POPULAR STORIES

Scoowatt Ciptakan Ketangguhan Wanita

Scoowatt Ciptakan Ketangguhan Wanita Scoowatt Vespa merupakan komunitas motor yang anggotanya wanita (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

KabarOto Komunitas Motor- Scooter Wanita Tangguh (Scoowatt) adalah komunitas motor Vespa yang anggotanya terdiri dari wanita-wanita cantik. Mereka mengendarai berbagai jenis Vespa, dari Vespa unik hingga klasik dan jadul. Scoowatt datang atas undangan Mods Mayday 2015, Sabtu (23/5) di Ancol beberapa hari lalu.

Walaupun wanita para pengendaranya, mereka tertib memarkirkan kendaraan roda duanya yang telah disediakan. Scoowatt sudah mempunyai 25 anggota. Membernya terdiri dari wanita. Wanita-wanita tersebut hobi mengendarai Vespa. Pendirinya adalah Mami Nenden, seorang sepuh di Vespa.

Lies, Ketua Umum Scoowatt tersenyum simpul menyapa para komunitas lainnya di acara vespa ini. Menurutnya, Scoowatt berdiri dari acara Amprox ke-3, 2011. Saat itu Mami Nenden melihat di acara itu ada beberapa wanita yang menungganggi Vespa. Ia berpikir, ia ingin membuat bikers Vespa.

Cita-citanya langsung ia wujudkan saat itu juga. Secara satu per satu Mami Nenden, menghampiri wanita penunggang motor Vespa. Setelah terkumpul di satu titik, ternyata banyak juga wanita yang hobi di Vespa. Ia celetuk komunitas ini dinamakan Scoowatt. Artinya Scooter Wanita Tangguh. Kenapa karena seorang pendirinya, Mami Nenden adalah wanita tangguh. Tanggal 12 Maret 2011, Scoowat resmi menjadi anggota komunitas.  Saat itu belum ada Ketua, masih dikelola sama Mami Nenden sebagai Koordinator Scoowatt

"Kami sepakat bahwa Scoowatt berdiri untuk mengangkat citra ladies bikers khususnya bagi pengendara Vespa dan umumnya bagi bikers lainnya. Ladies bikers tidak boleh dipandang sebelah mata," jelas Lies, Ketua Umum Scoowatt.

Karena kegiatannya ingin lebih semangat, dibentuklah struktur organisasi. Lies dipilih sebagai Ketua Umum tahun 2013 lalu. Kegiatannya, tidak melakukan kopdar tiap minggu tetapi sebulan sekali kopdar. Tiap kopdar tiap bulan punya tema yang berbeda.

"Setiap sebulan sekali kopdarnya berbeda, rolling tergantung dari anggotanya. Sudah ada 25 anggota. Ladies bikers, pengendara vespa, jiwa ladies bikers tangguh dan mandiri sesuai dengan namanya, scooter wanita tangguh," ucap Lies.

Sebagai bikers wanita, seperti biasanya mereka melakukan touring, Jakarta-Bandung. Keberangkatanya itu untuk merayakan anniversary ladies bikers member Bandung.

Lies tidak menampik setiap jalan selalu ada kendalanya. Tetapi kendala tersebut dapat teratasi dengan baik.

"Jika mau touring sudah safety riding sebelumnya. Scoowatt selalu bareng touring," ucap Lies yang masih menjadi mahasiwi di Universitas As Syafiiah.

Sebagai Ketua Umum, Lies ingin Scoowatt go international. Caranya? Ia mencontohkan, memperkenalkan ladies bikers secara nasional terlebih dahulu. Menurut Lies, sebenarnya sudah ada yang ingin membuka chapter Scoowatt Riau, Sukabumi, tetapi hingga sekarang belum dapat terealisasikan. Kenapa? Masih menurut Lies, saat ini yang harus diterapkan terlebih dahulu yaitu memperkenalkan citra Scoowatt.

Sebagai Orang Nomor Satu di Scoowatt, ia tidak ketatkan peraturan untuk menjadi anggota Scoowatt. Syaratnya adalah mempunyai motor Vespa. Mempunyai SIM dan membayar uang kas setiap bulannya.

"Tentunya juga harus ikut kopdar selama tiga bulan berturut-turut. Saya beryukur tidak ada member Scoowatt yang nakal," tutup Lies kepada KabarOto.com (aku).

Baca Juga: