POPULAR STORIES

Sebelum Digunakan, Begini Cara Mengecek Ban Serep Untuk Persiapan Mudik Lebaran

Sebelum Digunakan, Begini Cara Mengecek Ban Serep Untuk Persiapan Mudik Lebaran Cek kondisi ban serep (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Meskipun hanya digunakan saat darurat, kondisi ban serep juga perlu diperhatikan. Pastikan dalam kondisi baik, tidak rusak atau kurang angin.

Apalagi saat melakukan perjalanan mudik Lebaran, kondisi ban kempis atau bocor di tengah perjalanan, mungkin saja terjadi.

Denis Eko Arianto, Kepala Teknisi Bengkel BOS cabang Depok menjelaskan, meski jarang digunakan, ban serep juga harus dijaga kondisinya. Ia menjelaskan cara mengecek kondisi ban serep mobil agar bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Tips Persiapan Mudik Lebaran, Cek Kondisi Dan Jenis Ban Serep Mau Beli Mobil Bekas untuk Mudik? Simak Tips Ini Supaya Enggak Salah Beli

Ilustrasi ban serep mobil

Tekanan Angin Ban Serep

"Bisa dilihat dari kondisinya, apakah retak atau tidak. tekanan anginnya juga perlu diperhatikan, pastikan tekanannya 40 Psi," jelas Denis.

Denis juga menambahkan umur ban serep juga ada masa kadarluasanya. "Maksimal itu 5 tahun, tapi dilihat dulu kondisinya, jika tidak ada retak atau masih baik, ban ini masih bisa digunakan," jelasnya.

Kondisi mobil yang sering kena sinar matahari, akan membuat ban cadangan cepat rusak. Bahkan, umurnya tidak akan sampai lima tahun.

Kadarluasa Ban Serep Selama 5 Tahun

Sebagai informasi, ban yang kondisinya sudah tidak bagus menyebabkan daya cengkram tidak maksimal lagi, sehingga dapat membuat ban terselip di jalan yang licin.

Baca Juga: Jangan Sembarang Pilih Filter Oli Mesin untuk Mobil, Ini 5 Tipsnya

Kemudian, perhatikan tekanan anginnya normal atau tidak, terlalu tinggi dan rendah. Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya, karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama waktu melewati jalanan bergelombang, berlubang atau tidak rata.

"Tekanan anginnya tidak kurang atau berlebih, tergantung jenis mobilnya, ada yang 32-38 ada juga yang 35-38," tambah Denis.

Nah, untuk Sobat KabarOto yang ingin melakukan perjalan mudik, sebaiknya cek lagi kondisi ban serep, apakah masih layak digunakan atau tidak!