POPULAR STORIES

Sekolah Vokasi Industri AHM Hadir Di Seluruh Provinsi

Sekolah Vokasi Industri AHM Hadir di Seluruh Provinsi Tanda tangan kerjasama AHM dan SMKN 3 Tanjung Selor

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) telah mengembangkan sekolah vokasi industrinya dan merambah ke seluruh provinsi di Indonesia. Kini, Kalimantan Utara sebagai provinsi ke-34 yang ditetapkan untuk kerjasama dengan diimplementasikannya Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Kerjasama ini melengkapi 41 SMK yang menjadi mitra binaan AHM di pulau Kalimantan dan menjadi bagian dari 686 SMK Teknik TBSM ang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia dan 268 Kabupaten/Kota.

Tepatnya, di SMKN 3 Tanjung Selor pada (13/12) dilakukan penandatanganan kerjasama yang disaksikan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Utara, Amat, S.Pd., M.Pd.

ahm

SMKN 3 Tanjung Selor mendapat donasi berupa sepeda motor Honda, special tools praktik bengkel, dan modul penunjang pembelajaran untuk pengembangan pendidikan vokasi di wilayah Kalimantan Utara. Bantuan lain yang diberikan AHM seperti penyelarasan kurikulum, penyediaan tempat praktik kerja industri (PRAKERIN) siswa, pelatihan dan sertifikasi guru produktif dan pengukuran kualitas SMK melalui supervisi dan kontestasi keterampilan teknik siswa.

Dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia di dunia pendidikan, AHM dan jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia secara berkelanjutan melakukan berbagai pelatihan. Selain itu sertifikasi dan uji kompetensi secara intensif juga diberikan pada guru produktif dan peserta didiknya.

ahm

Materi yang diajarkan juga selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan teknologi serta tren usaha yang terbaru. Sehingga, yang diberikan pelatihan tidak hanya siswa, guru-guru juga mendapat bantuan dan pelatihan.

Sebelum kerjasama dengan SMKN 3 Tanjung Selor AHM telah melakukan kerjasama dengan SMK di provinsi lain. Pertama dengan Merauke pada tiga bulan lalu (30/10) dan Kupang (5/12).

ahm

"Kami berupaya secara bertahap dan konsisten untuk mengembangkan implementasi Kurikulum TBSM Astra Honda di berbagai wilayah di Tanah Air, selaras dengan program link and match pemerintah. Harapannya, kompetensi bidang Otomotif roda dua generasi muda di seluruh wilayah Tanah Air dapat semakin berkualitas dan bersama-sama memajukan negeri,” ujar Markus selaku Direktur HR, GA, IT, SI AHM.

Untuk mendukung kemandirian siswa di bidang otomotif roda dua, AHM juga memiliki Astra Honda Youthpreneurship Program sebagai dukungan untuk alumni SMK mitra binaan terpilih agar mandiri secara ekonomi di bidang perbengkelan. Dalam program ini diberikan ilmu manajemen bisnis bengkel melalui berbagai metode untuk memudahkan pemahaman para peserta.