Seperti Apakah Reinkarnasi Suzuki Satria Dari Tahun Ke Tahun Hingga Sekarang?

Seperti Apakah Reinkarnasi Suzuki Satria dari Tahun ke Tahun hingga Sekarang? para riders dan pencinta Suzuki Satria belum tahu bagaimana tampang Suzuki Satria dari awal dikeluarkan hingga beberapa reinkarnasi hingga sekarang (Foto Sreenshoot Suzuki dan KabarOto)

Para riders pecinta Suzuki Satria, beberapa waktu lalu Suzuki Indonesia meluncurkan generasi terbaru dari Suzuki Satria Fu 150, yang tampil lebih segar dan lebih menampakkan kesan motor dengan akselerasi cepat atau responsif, dengan paduan warna dan striping baru yang lebih berani. Mungkin dari para riders dan pencinta Suzuki Satria belum tahu bagaimana tampang Suzuki Satria dari awal dikeluarkan hingga beberapa reinkarnasi hingga sekarang, berikut ini reinkarnasi Suzuki Satria dari tahun ke tahun yang di rangkum dari beberapa sumber.

1. Suzuki Satria RU 120 S
Suzuki Satria pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997 dengan mengusung mesin 2 tak, 120cc, berpendingin udara, menggunakan transmisi 5 percepatan dan memakai sistem kopling sentrifugal. Dan Suzuki Satria 120 S adalah mesin bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak. Di saat pabrikan lain masih terlena dengan mesin bebek 100-110, Suzuki Indonesia menjawab tantangan para penyuka kecepatan dengan menghadirkan Satria 120 S.

2. Suzuki Satria RU 120 R
Karena dirasa Suzuki Satria 120 S kurang responsif pada tarikan awal, maka Suzuki Indonesia pada tahun 1998 membuatkan tipe baru dalam keluarga Suzuki Satria, yaitu Satria 120 R. Dengan dimunculkannya tipe Satria 120 R untuk memenuhi seluruh keinginan penyuka kecepatan, dengan mengusung basic mesin yang sama tetapi pada sistem trasmisi berubah menjadi 6 percepatan dan yang awalnya pada sistem perseneling menggunakan sistem rotari di ganti model sport yaitu gigi 1 ke depan dan gigi 2 sampai 6 ke belakang. Bukan cuma pada transmisi, inovasi yang dilakukan Suzuki, tetapi pada sistem kopling juga dirombak total menggunakan kopling manual sehingga tarikan awal motor lebih responsif. Dan yang awalnya Suzuki Satria 120 S menggunakan kick starter dan elektrik starter, pada Satria 120 R elektrik starter di lepas dan hanya menggunakan kick stater saja.

3. Suzuki Satria RU 120 LSCM
Sebelum Satria RU (2tak) di discontinue karena peraturan pemerintah yang melarang di produksinya motor 2 tak di dalam negeri. Suzuki Indonesia pernah mendatangkan Satria RU 120 LSCM dari Suzuki Lion Malaysia atau biasa di sebut Satria Hiu. Tapi meskipun respon masyarakat lumayan baik, Satria Hiu hanya sebentar beredar di Indonesia karena terbentur dengan kebijakan pemerintah.

4. Suzuki Satria Fu 150-CBU
Pada tahun 2004 Suzuki Indonesia mendatangkan Suzuki Satria Fu 150 dari Thailand, tetapi sebelum Satria Fu 150 di datangkan dari Thailand. Suzuki Indonesia pernah mencoba pasar dengan mendatangkan Suzuki Raider 125 yang basic mesinnya mirip Suzuki Satria Fu 150. Mengapa saya bilang mirip, karena saat itu SUZUKI Raider dipersenjatai teknologi TSCC oleh SUZUKI, sedangkan teknologi TSCC di Satria Fu 150 dihilangkan.

5. Suzuki Satria Fu 150-CKD
Karena respon pasar yang lumayan baik pada Suzuki Satria Fu 150, maka pada tahun 2007 Suzuki Satria mulai dirakit dan di produksi di Indonesia. Untuk mengenali Suzuki Satria Fu 150 buatan Thailand dengan Suzuki Satria Fu dengan rakitan Indonesia, adalah Satria Fu 150 buatan Indonesia telah menggunakan elektrik starter sedangkan pada Satria Fu produksi Thailand masih menggunakan engkel (kick starter) atau belum dilengkapi elektrik starter.

6. Suzuki Satria Fu 150-Tombol Mode
Pada tahun 2008, Suzuki Indonesia melakukan penyegaran tampilan pada Satria Fu 150 dengan mengganti batok lampu menyerupai lampu motor GSX-R dan penambahan tombol mode S-DMS yang berfungsi mengingatkan pengendara dalam kecepatan berkendara yang dihubungkan dengan putaran mesin (rpm), yang masih belum jelas silahkan klik tombol mode S-DMS.

7. Suzuki New Satria Fu 150
Pada tahun 2013, Suzuki Indonesia melakukan penyegaran kembali pada Satria Fu 150. Dengan embel-embel New, SUZUKI SATRIA FU mengalami perbaikan pada batok lampu depan dibuat lebih kecil dari sebelumnya mengikuti lampu SUZUKI GSX-R terbaru. Dan penyempurnaan juga di lakukan pada air scoop yang bertugas mengarahkan angin dari arah depan untuk pendinginan mesin.

8. Selanjutnya, 16 Februari 2016, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W di Sentul International Circuit, Bogor secara resmi meluncurkan jagoan mereka Suzuki All New Suzuki Satria F150 berteknologi fuel Injection. All New Satria F150 kini tampil makin futuristik dan sporty dengan desain bodi yang aerodinamis. Semakin agresif menaklukan semua tantangan di jalan. Menggunakan mesin baru yang mengadaptasi teknologi MotoGP Suzuki, All New Satria F150 siap kalahkan semua lawan dengan performa maksimal dan tercepat di kelas underbone 150cc.

Baca Juga: