POPULAR STORIES

Serikat Pekerja Pertamina Beri Bantuan Rp 847 Juta Ke Korban Bencana Di Sulawesi Tengah

Serikat Pekerja Pertamina Beri Bantuan Rp 847 Juta ke Korban Bencana di Sulawesi Tengah Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) saat menyambangi korban bencana di Desa Sambo

KabarOto.com - Para pekerja PT Pertamina (Persero) yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) terjun langsung untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana yang terjadi di Sulawesi Tengah.

Sebagai wujud kepeduliannya, FSPPB memberikan bantuan senilai Rp847 Juta yang diserahkan langsung kepada Wikrom, Kepala Desa Sambo, Kec. Dolo Selatan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Minggu (31/3/2019).

Menurut Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 2.113 orang korban meninggal dunia akibat bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang mendera Sulteng pada 28 September 2018 lalu. Hal tersebut menginisiasi para Pekerja Pertamina melalui wadah besar FSPPB untuk ikut memberikan bantuan dan kontribusi kepada para korban.

Baca juga: Perbanyak LPG & Avtur, Pertamina Juga Perkuat Pasokan Minyak Tanah Di Sentani

Presiden FSPPB, Arie Gumilar menjelaskan, kegiatan yang bertajuk Sambo bangkit bersama FSPPB ini merupakan bentuk kepedulian karyawan Pertamina. Bantuan ini murni dari gaji karyawan yang secara ikhlas dikumpulkan untuk saudara sebangsa yang terkena bencana di Sigi.

Kegiatan ini didasari oleh tiga program, antara lain revitalisasi sarana air bersih karena air bersih sebagai sumber kehidupan yang sangat diperlukan. Kemudian program pelatihan mengedukasi warga dalam pengelolaan sumber daya alam, khususnya di bidang perkebunan.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu

Bentuknya produksi sale pisang yang pelatihnya didatangkan dari Pertamina Cilacap. Program ini sudah berproduksi dan diharapkan menjadi sumber penggerak ekonomi Desa Sambo.

“Dilanjutkan dengan educare terhadap anak-anak yang merupakan masa depan bangsa. Mereka harus tetap mempunyai semangat belajar, serta orang tua mereka pun harus mampu bangkit dari keterpurukan akibat bencana yang dialami,” sambung Arie.

Kepala Desa Sambo, Wikrom, memastikan bahwa pemerintahan desa dan warga Sambo berkomitmen untuk terus menjaga program yang diberikan FSPPB. “Lihat saja, banyak ibu-ibu tertawa senang setelah mendapat pelatihan pembuatan pisang sale. Kan setelah pisangnya diolah, pendapatan mereka pada meningkat," kata Wikrom saat menerima bantuan.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu

Baca juga: Dua Mobil Tangki BBM Pertamina Dibajak Ke Istana

Kepala Desa Sambo, Wikrom, memastikan bahwa pemerintahan desa dan warga Sambo berkomitmen untuk terus menjaga program yang diberikan FSPPB. “Lihat saja, banyak ibu-ibu tertawa senang setelah mendapat pelatihan pembuatan pisang sale. Kan setelah pisangnya diolah, pendapatan mereka pada meningkat,” kata Wikrom.

Turut hadir mewakili Bupati Sigi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sigi, Henri Kusum, Kegiatan penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia, Koeshartanto.