POPULAR STORIES

Sespan Bikinan Lokal Hadir Di GIIAS 2022, Ini Harganya

Sespan Bikinan Lokal Hadir di GIIAS 2022, Ini Harganya Vespa Sprint Hasil modifikasi MAF Sidecar (foto : Rizky/KabarOto)

KabarOto.com – Banyak hal-hal unik yang ditemukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Salah satunya rumah modifikasi asal Bandung yaitu MAF Sidecar.

MAF Sidecar sendiri muncul dari hasil iseng modifikasi pada 2019 lalu. Saat pandemik Covid-19 melanda, Alwi sebagai owner MAF Sidecar itu makin menekuni dan mulai serius menggarap pesanan sespan Vespa. Mahasiswa Universitas Pasundan, Bandung ini kini sukses membuat sespan untuk Vespa Sprint miliknya dan mulai memasarkannya di GIIAS 2022.

Baca juga: Tampil Di GIIAS 2022, All New Gelis 300 Dijual Rp53 Jutaan

Dirinya menjelaskan sespan buatan MAF Sidecar sendiri termasuk Plug and Play dan tidak perlu mengebor pada bagian motor.

“Sespan yang kami buat sendiri sistemnya baut yang dipasang di sasis tengah. Jadi, tinggal pasang dan tidak perlu mengebor bagian bodi bawah motor. Hanya saja perlu mengorbankan standar samping saja. Hanya perlu dilepas dan menjadi dudukan rangka sespan,” ungkap Alwi.

Biasanya, sespan dibuat rigid dan motor tidak bisa bermanuver lebih leluasa. Perbedaannya di bagian kerangka bawahnya dipasang bearing, jadi motor tetap bisa rebah kiri dan kanan. Adapun sidecar-nya sendiri memiliki kapasitas maksimal 100 kg orang dewasa. Bahan materialnya pun terbuat dari full pelat dan pipa besi. Pada bagian ban juga dilengkapi suspensi.

Baca juga: Melantai Di GIIAS 2022, Motor Listrik Segway Sudah Dipesan 100 Unit

Saat ini, MAF Sidecar menerima pesanan untuk beberapa jenis Vespa seperti LX, Sprint dan Primavera. Yang saat ini belum bisa dipasangi sespan hanya Vespa GTS. Namun, Alwi menambahkan bahwa kedepannya dirinya akan menerima pesanan dari skutik-skutik merek lainnya.

Untuk pemesanan sendiri, pembuatan satu unit sidecar membutuhkan waktu sekitar satu bulan jika tidak banyak yang antre. Soal harga, selama ajang GIIAS pihak MAF Sidecar memberikan diskon harga menjadi Rp 30 juta, untuk harga normalnya sekitar Rp 35 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkait