POPULAR STORIES

She’s Mercedes: Inspirasi Dan Pemberdayaan Wanita

She’s Mercedes: Inspirasi dan Pemberdayaan Wanita She’s Mercedes: Inspirasi dan Pemberdayaan Wanita (Enrico / KabarOto)

KabarOto.com - “Be bold for change”. Slogan yang kira-kira memiliki arti berani berubah itu merupakan motto Hari Perempuan Internasional. Tekad kuat tersebut juga mendorong para wanita penting yang hidup pada saat Mercedes-Benz pertama kali didirikan di akhir abad ke-19.

Berbekal sifat percaya diri dan tanggung jawab, mereka merupakan pionir mobilitas yang berhasil menentang perlawanan di masyarakat. Nama Mercedes-Benz dapat ditelusuri dari kedua tokoh wanita berikut; yakni Mercedes Jelinek, putri seorang pengusaha Austria yang merintis penjualan kendaraan Daimler pada 1898.

Demikian juga Berta Benz, wanita yang melakukan perjalanan jarak jauh pertama di masa awal kendaraan bermotor. Melalui inisiatif She’s Mercedes, Mercedes-Benz semakin memberikan sorotan terhadap kebutuhan para wanita.

Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan inisiatif She’s Mercedes untuk 2018 pada ajang pameran otomotif bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo, Hall D 5A, Kemayoran, Jakarta.

Fokus acara She’s Mercedes Media Luncheon yang eksklusif tersebut ditempatkan pada jaringan pemberdayaan wanita.

Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia (Enrico / KabarOto)

Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia yang hadir sebagai pembicara dalam acara Talk Show She’s Mercedes mengatakan, peranan wanita dalam berkarir di dunia kerja saat ini telah berkembang pesat. Saat ini banyak wanita yang berhasil menduduki posisi stategis dan posisi penting dalam karir atau pekerjaannya.

Hal itu, kata Ria, membuktikan kemampuan para wanita tidak kalah dari pria dan bahkan lebih berpotensi untuk dapat bersaing di dunia kerja atau bidang masing-masing. "Tidak jarang ide-ide dari para wanita dapat menginspirasi dan menjadi pelopor dalam bidang yang ditekuninya.”

Baca Juga : Wow.. Mercedes-Benz Luncurkan Mobil Listrik di IIMS 2018

Kita sebagai wanita harus berusaha mencari tau potensi-potensi apa yang kita miliki. 'Passion apa yang dapat kita kembangkan di mana pun dan kapan pun kita berada atau bekerja. Dengan adanya passion dan jika kita tekuni passion kita tersebut, maka saya percaya kesuksesan akan mengikuti kita dengan sendirinya. Teruslah kreatif dan jangan takut untuk mencoba hal baru. Jika anda mempunyai rasa penasaran dan ingin mencoba hal baru, cobalah, jangan takut untuk mencoba,” imbuh Ria Lirungan.

Platform inspirasi She’s Mercedes memungkinkan terjadinya komunikasi yang ditargetkan dengan dan antar-kaum wanita.

Dengan mengadakan acara global dan kesempatan membangun sebuah jaringan, She’s Mercedes mengajak pertukaran pandangan dan informasi secara reguler. Melalui majalah dan juga jaringan She’s Mercedes, para wanita menarik dari beragam bidang dan sektor berbagi wawasan mengenai dunia kehidupan mereka serta mengundang adanya dialog.

Kisah sukses dari bidang profesional dan pribadi mereka diharapkan akan menginspirasi banyak orang dalam memulai jalan kehidupan mereka sendiri.

Mathilda Ayunda, Department Manager, Event Marketing, PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia berada di acara She's Mercedes at IIMS 2018 Media Luncheon (Enrico / KabarOto)

“Sejak tahun 2006 saya telah berkecimpung di dunia otomotif. Selama saya bekerja di industri ini, tidak semua hal selalu berkaitan dengan hal teknis. Mercedes-Benz tidak ingin memberikan informasi yang lebih teknis, melainkan lebih ke arah lifestyle. Jadi, dari kegiatan-kegiatan yang kita lakukan dan pesan-pesan yang kita sampaikan melalui promosi iklan maupun kampanye aktivitas lebih diarahkan kepada customer emotion," ujar Mathilda Ayunda, Department Manager Event Marketing, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

"Ada banyak hal yang memerlukan sentuhan wanita dalam industri otomotif, seperti lebih memahami hal detail. Dalam kebijakan perusahaan Daimler kami punya komitmen harus ada 20% kaum wanita yang bekerja dalam perusahaan, ini juga merupakan komitmen Daimler untuk memberikan kesempatan kepada wanita bisa berkecimpung di dunia otomotif.”

Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz, telah menetapkan sasaran peningkatan proporsi wanita dalam posisi manajemen meningkat hingga 20 persen pada tahun 2020. Persentase tersebut terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini telah mencapai lebih dari 15 persen.

Bersama Renata Jungo Brüngger dan Britta Seeger, Daimler memiliki dua wanita yang duduk di Dewan Manajemen, setara dengan persentase wanita sebesar 25 persen. Manajemen keragaman telah tertanam kuat di dalam strategi perusahaan sejak tahun 2005 dan memberikan kontribusi yang menentukan bagi kesuksesan perusahaan.

Daimler menekankan pentingnya tenaga kerja yang beragam serta memanfaatkan pengalaman, perspektif dan keterampilan yang berbeda.

Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia di acara She's Mercedes at IIMS 2018 Media Luncheon (Enrico / KabarOto)

Manajemen keragaman yang aktif mencakup berbagai peluang kualifikasi, lokakarya dan acara yang diperuntukkan bagi kaum wanita namun juga bagi kaum pria, serta sejumlah program mentoring.

Sejak pertama didirikan, kaum wanita merupakan bagian dari kisah sukses mobilitas Mercedes-Benz dan juga memainkan peran fundamental dalam kelanjutan pengembangan merek tersebut, baik sebagai peneliti, pengembang, insinyur maupun pelanggan cerdas dengan keinginan individu yang mereka miliki.

Dengan dimulainya She’s Mercedes Ladies Golf Tournament, Mercedes-Benz Indonesia mempelopori penciptaan cara-cara unik dalam dunia olahraga dan rekreasi yang ditujukan khusus untuk menginspirasi dan menghubungkan wanita dari berbagai bidang dalam menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

“Kaum wanita adalah kelompok konsumen yang tumbuh paling cepat dan paling berpengaruh di dunia,” kata Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT MercedesBenz Distribution Indonesia, saat memberikan komentarnya mengenai inisiatif She’s Mercedes.

Berita Terkait

Berita Terkait