Shelby Luncurkan 50Th Anniversary Cobra Daytona Coupe Hard Top

Alif Sowandono
Alif Sowandono 20 Jul 2015 - 04:34
Shelby Luncurkan 50Th Anniversary Cobra Daytona Coupe Hard Top
shelby cobra (foto:shelbyamerican.com)

Shelby American yang sebelumnya telah mengeluarkan 50th Anniversary Cobra 427 Coupe soft-top kini mengeluarkan versi coupe hard-top dari mobil sport legendaris tersebut dan hanya akan diproduksi sebanyak 50 unit menggunakan alumunium dan fiberglass. Sebelumnya, unit Cobra ini hanya diproduksi sebanyak 6 unit pada dekade 1960-an untuk ajang balap GT dan menjadi salah satu mobil terlangka di dunia saat ini dengan harga unit bekas-nya mencapai jutaan dollar AS yang membuatnya sangat mustahil untuk dimiliki kecuali apabila Anda adalah trilyuner minyak dari semenanjung Arab dan jumlah uang tersebut hanyalah sekedar uang receh.

Mobil ini merupakan kreasi ulang Shelby yang dibangun persis sama menggunakan cetak biru dari konstruksi model Daytona Cobra Coupe tahun 1960-an dengan sasis pipa alumunium, per daun, juga setir dengan aksen kayu. Namun mobil ini memiliki konstruksi rangka yang lebih kuat dan piranti rem yang lebih modern dengan tambahan bahan kulit berwarna hitam untuk trim kabinnya. Mesin yang digunakan juga masih menggunakan mesin V8 dengan bahan alumunium berkapasitas 4.7 liter.

Bicara mengenai bandrol harga, Shelby menghargai mobil ini dengan uang sebesar $349.995 AS untuk model alumunium (nomor seri CSX9950–CSX9999) dasar tanpa dilengkapi dengan komponen penggerak! Untuk model fiberglass juga tidak memiliki komponen penggerak (transmisi dan atau gardan) walau untuk model termurahnya dihargai sebesar $179.995 AS. Secara umum, jumlah uang sebanyak itu yang Anda dapatkan hanya unit mobil, trim kabin, mesin dan segala teknologinya namun tanpa komponen penggerak mobil. Jelas bukan mobil kesayangan untuk Anda yang sensitif dengan uang.

Kedua mobil tersebut akan diperkenalkan pada acara Gordon McCall’s Motorworks Revival tanggal 12 Agustus mendatang dan dalam acara Rolex Motorsports Reunion di sirkuit Mazda Raceway, Laguna Seca. Selain itu, model alumunium Cobra Daytona Coupe juga akan dipamerkan pada acara Goodwood Revival September 2015 mendatang untuk memperingati ajang FIA World Championship bersanding dengan Daytona Coupe asli dari era 1960-an.

Baca juga: