Silver Pigeon, Skuter Buatan Mitsubishi

Alif Sowandono
Alif Sowandono 27 Jul 2015 - 03:12
Silver Pigeon, Skuter Buatan Mitsubishi
salah satu Mitsubishi Skuter Silver Pigeon yang sudah direstorasi (foto:scoot.com)

Mitsubishi silver Pigeon adalah merk sepeda motor jenis skuter yang dibuat di Jepang oleh Mitsubishi antara tahun 1946 dan 1963, Menurut Mitsubishi Motors Web Museum, model pertama dari silver Pigeon adalah C-10 yang produksi di Pabrik Mitsubishi Heavy Industries, Nagoya, Jepang.

Di Jepang Silver Pigeon bersaing dengan skuter Rabbit keluaran PT Fuji Heavy Industries dan pada tahun 1954, Silver Pigeon bersaing dengan skuter Honda Juno, Silver Pigeon C-10 yang diperkenalkan pada tahun 1946 ini ternyata masuk dalam daftar 240 landmarks (tengara) yang menandakan kemajuan teknologi otomotif Jepang versi Society of Automotive Engineers of Japan (komunitas dari para peneliti, mekanik, dan pelajar, dan stakeholder lainnya yang beruhubungan dengan otomotif di Jepang).

Silver Pigeon terbukti cukup berhasil untuk tetap di produksi selama hampir dua puluh tahun. Selain itu, majalah Motor Cyclist, salah satu majalah otomotif tertua di Amerika, memberikan pernghargaan skuter dengan penampilan terbaik selama tiga tahun berturut-turut pada 1950-an, satu dekade setelah diperkenalkan.

Dalam Mitsubishi Motors Web Museum dijelaskan bahwa dalam segi penjualan pun Silver Pigeon di rentang waktu 1950-1964 itu memiliki pangsa 45 persen rata-rata pasar skutik domestik Jepang. Silver Pigeon dihentikan produksinya pada tahun 1963 dengan membukukan lebih dari 463.000 unit telah diproduksi, diantaranya C-200 sebagai tipe model terkakhir Silver Pigeon yang ternyata menjadi model paling populer, dengan hampir 38.000 unit terjual.

Baja juga: