POPULAR STORIES

Skuter Perang Dunia 2, Chushman Scooter Amerika Serikat 1948 Mejeng Di ISFG

Skuter Perang Dunia 2, Chushman Scooter Amerika Serikat 1948 Mejeng di ISFG Yang menjadi perhatian di Indonesia Scooter Family Gathering (ISFG) adalah skuter lawas, tahun 1948, yang masih terawat dan benar-benar orisinil. (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

Yang menjadi perhatian di Indonesia Scooter Family Gathering (ISFG) adalah skuter lawas, tahun 1948, yang masih terawat dan benar-benar orisinil. Bagaimanakah kehebatan lika-liku skuter Chushman 1948 ini?

Skuter Chushman mengawali karir sebagai pembuat mesin 4 tak untuk iklan dan aplikasi industri. Mesinnya menggunakan husky. Bro and Sist jangan salah, skuter Chushman ini pernah dipergunakan selama Perang Dunia 2.

Chushman Scooter ini dimanfaatkan sebagai pendukung logistik dan transportasi militer Amerika Serikat. Cushman Airborne didistribusikan dengan cara diterjunkan dari pesawat dengan menggunakan parasut. Lalu usai itu sekitar tahun 1950 an kemudian menjadi pilihan transportasi yang terjangkau bagi masyarakat. Selanjutnya skuter ini di distribusikan di Indonesia diantaranya adalah Cushman step-thru buatan 48 ini.

Skuter Chushman ini lebih besar dibandingkan dengan skuter lainnya yang ada sekarang ini. Bodinya memang tahan banting. Terlihat ketika kabaroto memegang seluruh badan Chushman tersebut.

Uniknya lagi, rem Chushman ini ada di tengah-tengah tepatnya di bawah bangku pengemudi. Dan persneling gigi berada di samping sebelah kiri Chushman.

Baca Juga: