POPULAR STORIES

Spesifikasi Honda CBR1000RR Fireblade

Spesifikasi Honda CBR1000RR Fireblade Honda CBR1000RR Fireblade terbaru yang diperkenalkan dalam event GIIAS 2017 (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Event GIIAS 2017 membuat para brand otomotif baik roda empat dan roda dua memperkenalkan produk terbaru mereka, seperti halnya Honda yang memperkenalkan Honda CBR1000RR Fireblade. PT Astra Honda Motor (AHM) membawa dua varian Honda CBR1000RR tipe standar dengan warna Victory Red dan Fireblade SP dengan warna Tri Color. Dan dibawah ini spesifikasi dari Honda CBR1000RR Fireblade yang diperkenalkan dalam event GIIAS 2017.

Honda CBR1000RR Fireblade terbaru dengan desain yang trendi dengan bobot lebih ringan dibandingkan dengan model terdahulunya. Model terbaru Honda CBR1000fireblade dikembangkan dengan beberapa perubahan seperti, penyempurnaan power unit serta penyematan kontrol elektronik yang mumpuni.

Dengan menggunakan lampu depan kembar LED bisa diatur untuk pencahayaan jauh atau pendek. Desain yang sangat aerodinamis dan mampu menjaga kestabilan saat kecepatan tinggi, dan dapat melindungi pengendara dari terpaan angin.

Instrumen cluster menggunakan layar TFT full-colour liquid crystal yang dimiliki Honda RC213V-S yang digunakan pebalap MotoGP Marc Marquez yang digunakan sehari hari. Layar ini secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya sekitar dengan 3 mode fitur; Street, Circuit dan Mechanic.

honda

Sistem pengereman dengan sistem ABS baru, Honda mengklaim motor dapat diajak hard braking tapi ban belakang tetap menempel pada aspal. Sehingga pengendara motor lebih mudah menjinakkan motor dan lebih aman disaat berhenti mendadak.

Honda CBR1000RR Fireblade memiliki 3 mode berkendara. Mode 1 (FAST) memberikan tenaga maksimal. Mode 2 (FUN) mengontrol peningkatan tenaga sedang, dan mode 3 (SAFE) dengan keluaran tenaga rendah.

Honda turut mengupgrade bagian sasis agar pengendalian makin oke. Honda mengukur ulang keseimbangan kekerasan dari rangka hollow die-cast alumunium twin-spark. Meski sudut rake dan jarak trail tetap 23.3°/96mm tetap memiliki handling lebih halus dan respon setir yang lebih sempurna.

Honda juga mendisain ulang subframe berbahan alumunium yang kini lebih ramping. Meski lebih ringan hampir 1 kg (800 g) kekerasannya tetap sama. Alhasil dengan segala ubahan bobot kosong CBR1000RR Fireblade kini hanya 196 kg.

Piston memiliki dinding yang ketebalannya sudah dioptimalkan dengan mengubah disain dome (permukaan atas piston), disain ring piston, serta hitungan bukaan klep agar motor dapat meraih rpm lebih tinggi.

Ubahan lain yakni menggunakan titanium irregular cross-section 2.8 kg lebih ringan dan meminimalkan perubahan pusat gravitasi. Knalpot ini dikembangkan khusus dari supplier knalpot dari tim Repsol Honda MotoGP dan menghasilkan desain 4-2-1 double-skinned downpipes.