Spesifikasi P6-ATAV, Kendaraan Militer Buatan Indonesia

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 26 Jan 2018 - 15:37
Spesifikasi P6-ATAV, Kendaraan Militer Buatan Indonesia
P6-ATAV kendaraan tempur buatan Indonesia (Istimewa)

KabarOto.com - Ada yang berbeda dari biasanya saat Presiden Jokowi memeriksa barisan tentara dalam acara rapat pimpinan TNI/Polri di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa 23/1/2018 lalu, Presiden Jokowi yang biasanya memeriksa pasukan dengan mobil jip sambil berdiri, terlihat duduk tenang dengan kendaraan tempur bernama P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle).Hebatnya, kendaraan ini ternyata buatan asli Indonesia.

Baca Juga: Motor Custom Anak Bangsa Kembali Bikin Geger

Kendaraan ini merupakan kendaraan tempur yang diproduksi oleh perusahaan swasta PT Sentra Surya Ekajaya (PT SEE). Dengan menggunakan material berbahan steel high grade dan dual alumunium, yang menghasilkan tampilan gagah dan kekar.

kabarOto
P6-ATAV memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk sebuah kendaraan tempur

Desain dari P6-ATAV menyerupai mobil tubular yang tidak dilengkapi pintu, untuk memudahkan mobilitas para tentara yang menggunakannya saat dalam tugas. Hanya saja, walau disebut sebagai kendaraan militer namun P6-ATAV bukan anti-peluru, tapi bodinya tetap diproteksi baja ringan. Fungsinya lebih sebagai kendaraan serbu agar pasukan lebih cepat pindah posisi atau menyerang lawan.

Sumber tenaganya berasal dari mesin turbo diesel berkapasitas 2.300 cc, punya keluaran tenaga hingga 142 dk @ 3.400 rpm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis ke semua roda. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 120 liter dan sanggup melaju hingga 500 km.

P6-ATAV memiliki panjang 4.600 mm, dengan lebar 2.300 mm, serta tinggi 1.500 mm, dengan bobot kurang lebih 2.000 kg. Bagian kaki-kaki kendaraan ini pun tidak main-main, dilengkapi independent suspension agar lincah bermanuver di segala medan jalan, juga ban jenis run flat yang mampu menahan proyektil peluru.

Karena fungsinya sebagai kendaraan militer, sudah pasti mobil ini dilengkapi dudukan senjata. Terdapat tiga dudukan senjata pada P6-ATAV, yakni di atas, serta samping kanan dan kiri. Dudukan atas diberi senjata berjenis FN MAG kaliber 7,62 mm dan yang samping kanan dan kiri dibekali senjata FN Minimi kaliber 5,56 mm.

Editor : rio