POPULAR STORIES

Ssttt.. Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Terbaik Pilihan Jurnalis Otomotif

Ssttt.. Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Terbaik Pilihan Jurnalis Otomotif Mitsubishi Xpander

KabarOto.com - Kesuksesan tidak hanya diraih dalam hal penjualan yang terus mengalami pertumbuhan positif di tanah air, namun kali ini Mitsubishi Xpander diganjar penghargaan FORWOT Car of The Year 2018. Small MPV andalan Mitsubishi tersebut meraih poin tertinggi dalam proses penilaian di fase lima besar oleh para juri yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Mitsubishi Xpander berhasil unggul dengan memperoleh 216 poin, diikuti Suzuki Ertiga dengan 160 poin, lalu Wuling Cortez 160 poin, Toyota Rush 141 poin, dan DFSK Glory 580 sebesar 133 poin.

Hasil ini menunjukkan jika segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) kembali menjadi pilihan para wartawan otomotif sebagai mobil terbaik. Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut gelar juara selalu diraih mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV).

Baca juga: Profil - Mitsubishi Xpander 2018

Kehadiran Xpander sejak Agustus 2017 lalu memang terbilang cukup menarik perhatian ranah otomotif Indonesia. Small MPV bermesin 1.5 liter dan diproduksi di Indonesia bahkan sukses menjadi model terlaris dalam beberapa bulan terakhir.

"Tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas. Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal China, DFSK dan Wuling, dalam posisi lima besar. Ini membuktikan brand-brand asal Cina mulai diperhitungkan bertarung dengan brand-brand asal Jepang, Eropa, Korea, dan India," ujar Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Jumat (28/9/2018).

FORWOT Car of the Year tahun ini diramaikan oleh 23 mobil baru yang dirilis selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018. Jumlah ini menurun dibandingkan peserta tahun 2017 lalu yang menembus 32 mobil dan di 2016 sebanyak 28 mobil.

Pada tahap awal, sekitar 60-an anggota FORWOT yang merupakan jurnalis otomotif dari berbagai media nasional, baik cetak maupun online, melakukan pemilihan. Hasilnya, lima model keluar sebagai lima besar.

Adapun kelima model mobil tersebut antara lain DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush dan Wuling Cortez. Memasuki tahap kedua, FORWOT meminta 33 jurnalis terpilih berdasarkan pengalaman dan jam terbang untuk memberikan penilaian.

Penilaian mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang digunakan untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia.

"Selected juri-juri inilah yang melakukan penilaian secara online. Sistem online ini membuat data penilaian yang masuk sangat rahasia, otomatis tertabulasi, dan tidak bisa dimanipulasi,” papar Ketua Dewan Juri FORWOT Car of The Year 2018, Raju Febrian.

FORWOT berharap hasil ini bisa memberikan gambaran mengenai mobil-mobil favorit pilihan jurnalis dan konsumen otomotif di Indonesia. “Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada GT Radial, Federal Lubricants, Garda Oto, Adira Finance, dan Adira Insurance yang telah mendukung terlaksananya FORWOT Car of the Year 2018,” pungkas Indra.