Starter Elektrik Tak Berfungsi, Jangan Langsung Vonis Aki!

Starter Elektrik Tak Berfungsi, Jangan Langsung Vonis Aki! starter elektrik motor (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Starter elektrik pada sepeda motor atau roda 2, memang berfungsi memudahkan penggunanya saat menghidupkan mesin. Tak perlu repot pakai kick starter atau 'engkol', motor sudah bisa tinggal melaju.

Masalahnya, karena didukung perangkat yang lebih rumit ketimbang starter engkol, starter elektrik juga punya kelemahan pada kelistrikan dan komponen yang sudah termakan usia.

Belum lagi ketika 'ngadat' dan motor tak mau hidup saat menekan tombol starter, biasanya pemiliknya langsung memvonis bahwa aki (accu) jadi biang masalahnya. Padahal banyak faktor lain yang jadi sumber kerusakan seperti dinamo starter.

Baca Juga: Tangani Beat, Agya Sampai Ferrari, Ini Daftar Harga Scuto Platinum Store

"Didalam dinamo starter terdapat carbon brush yang biasa dikenal dengan bahasa 'arang' dinamo. Nah, jika arang ini sudah aus termakan usia, biasanya sudah tidak bisa berfungsi dengan baik dan harus diganti. Pabrikan sudah menyediakan satu set lengkap dengan per-nya, namanya carbon brush kit," jelas Boy dari Astor Motor, Jl Benda Timur 15, Pamulang, Tangerang Selatan.

Harganya pun bervariatif tergantung merek, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribuan. "Kalau sama ongkos pasang jadi Rp 75 ribu, karena kita juga harus bongkar bak magnet motornya untuk pasang rantai dan gear starter," ujar pria berambut keriting itu.

Estimasi pemasangan pun sekitar 30 menit, setelahnya Sobat KabarOto bisa menggunakan kembali starter elektrik dengan mudah!