POPULAR STORIES

Subaru Bangun Lintasan Untuk Mobil Otonom Di Jepang

Subaru Bangun Lintasan untuk Mobil Otonom di Jepang foto: www.carscoops.com

KabarOto.com - Perusahaan otomotif Subaru membuat sepasang jalur untuk pengujian mobil otonom atau tanpa sopir di Jepang. Demikian dilansir dari Carscoops, Senin (30/10/2017).

Lintasan baru buatan Subaru itu memiliki panjang 2,6 mil dan berisi empat jalur, tikungan, serta pintu masuk dan keluar. Lintasan ini juga dilengkapi dengan trotoar beton, agar kondisinya mirip dengan jalan bebas hambatan di Amerika Serikat (AS).

Pihak Subaru memang sengaja membangun lintasan ini mirip dengan kondisi jalan raya yang sebenarnya. Tujuannya adalah agar para perusahaan otomotif yang hendak menjajal mobil tanpa sopir buatan mereka di jalan ini bisa merasakan sensasi jalan raya yang sesungguhnya dan segala fitur otonom mereka bisa teruji sepenuhnya.

Baca Juga:

Lintasan ini dibangun di fasilitas milik Subaru yang berlokasi Bifuka Proving Ground, dekat Hokkaido. Subaru pertama kali membuka fasilitas ini pada tahun 1995. Pada tahun 2003, Subaru mengubah fasilitas ini menjadi speed track.

Tampaknya, Subaru bakal menjadi perusahaan pertama yang menjajal mobil berteknologi otonom milik mereka di sini. Beberapa waktu lalu, Subaru mengonfirmasi pihaknya sedang mengembangkan mobil otonom dan listrik yang bakal meluncur ke pasar pada tahun 2020.

Namun, keinginan Subaru ini mendapatkan halangan terjal. Pasalnya, Kementerian Transportasi Jepang beberapa waktu lalu menemukan bahwa para teknisi yang bertugas untuk melakukan pengecekan akhir produksi kendaraan Subaru tidak memiliki sertifikat.

Bahkan, mereka melakukan kesalahan dalam prosedur pengecekan akhir produksi kendaraan selama 30 tahun. Terkait hal itu, Kementerian Transportasi Jepang berencana untuk menutup pabrik Subaru.