POPULAR STORIES

Sudah Taukah Anda Bagaimana Menggunakan Engine Brake Yang Benar Dan Aman?

Sudah Taukah Anda Bagaimana Menggunakan Engine Brake Yang Benar dan Aman? Ilustrasi engine brake. (Foto: Istimewa)

Rem mesin atau biasa kita disebut Engine Brake memiliki banyak manfaat, terutama saat melewati jalanan dengan kontur menurun, engine brake memiliki peran penting untuk mengurangi kecepatan mobil.

Dalam proses tersebut, engine brake akan mendeselerasi ban mobil sehingga kinerja rem tidak terlalu berat. Selain itu Engine Brake juga sangat erat hubungannya dengan transmisi, maka dari itu efek dari engine brake lebih terasa di jalan menurun.

Namun jika berbicara penggunaannya, engine barake juga memiliki tata cara sendiri dalam pengoprasiannya. Engine brake untuk mobil bertransmisi manual dan otomatis tentu berbeda. Penggunaan yang benar tentu tidak akan merusak mesin kendaraan bahkan dapat menghemat bahan bakar.

Mobil Transmisi Manual
Pada mobil manual, engine brake dilakukan dengan cara menurunkan tuas transmisi ke posisi lebih rendah. Turunkan posisi gigi secara bertahap, karena jika kita menurunkan gigi secara melompat dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan juga transmisi. Kita harus melakukan penge­reman terlebih dahulu untuk mengurangi laju dan putaran mesin. Setelah itu baru melakukan perpindahan gigi.