Lamborghini Aventador SVJ Siap Mengaspal Di Indonesia, Desainnya Keren!

Lamborghini Aventador SVJ Siap Mengaspal di Indonesia, Desainnya Keren! Lamborghini Aventador SVJ (Foto: Edo)

KabarOto.com - Supercar yang baru meluncur di California, Amerika Serikat pada 2018, akhirnya menampakkan wujud aslinya di Indonesia pada 5 April lalu. Berlokasi di Pasific Place, Jakarta Pusat, Aventador SVJ terbaru ini berhasil memikat dengan tampilan desain bodinya.

Kata SVJ yang membututi Aventador ternyata memiliki arti. SV memiliki arti historis dari Superveloce yang berarti superfast. Sedangkan huruf J mewakili Jota dengan arti mobil berspek balap. Hal ini sudah ditunjukkan di sirkuit Nurburgring Nordschleife menempuh 20,6 km dengan mencetak waktu 6:44:97 menit.

Baca Juga: Line Up Tertinggi Lamborghini, Aventador SVJ

Dengan cetakan waktunya tersebut, mobil ini sudah di klaim posisinya sebagai pemegang rekor di Nurburging Nordscheleife, yang sebelumnya rekor dipegang Porsche GT2 RS.

Ternyata Aventador SVJ hanya di produksi terbatas untuk seluruh dunia. Desainnya juga menarik dan eye-catching dengan pelek berwarna gold yang makin menambah kesan mewahnya.

Pada acara Lamborghini Jakarta Showcase, Ketua dan Kepala Eksekutif Automobili Lamborghini Stefano Domenicali mengatakan, "Aventador SVJ adalah mobil inovatif dan mewakili puncak absolut dari jajaran produk mobil super sport kami dan hanya ada sekitar 900 unit saja."

Mobil yang diperkuat mesin V12 berkapasitas 6.498 cc menjadi produksi paling kuat hingga saat ini dari Lamborghini. SVJ hadir dengan peningkatan daya 765 dk pada 8.500 rpm. Output SVJ ini mampu mencapai 720 Nm pada 6.750 rpm. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam waktu 2,8 detik.

Sementara capain waktu 0-200 kpj bisa ditempuh 8,6 detik. Kecepatan tertingginya adalah 350 kpj. Nah, Aventador SVJ memiliki bobot kering hanya 1.525 kg.

Baca Juga: Lamborghini Huracan Super Trofeo Evo Collector

"Tantangan bagi para desainer dan insinyur Lamborghini, adalah bagaimana cara untuk meningkatkan esensi paling murni dari mobil sport super Lamborghini, menggunakan inspirasi dari sebuah kapal ruang angkasa untuk pesawat jet tempur, semua contoh luar biasa keunggulan super cepat, super atletik, aerodinamis. Aventador SVJ mengambil langkah lain ke masa depan, membentuk potensi pengembangan mobil sport super," jelas Stefano.

Sistem Aerodimica Lamborghini Attiva (ALA) yang dipatenkan Lamborghini, ini pertama kali terlihat di Huracan Perfomante, dan telah dikembangkan ke tingkat penyempurnaan untuk Avantador SVJ.

Nah, sekarang sistem ALA 2.0 termasuk saluran masuk udara dan desain saluran udara baru yang dioptimalkan. Sistem juga sudah dikalibrasi ulang dengan mempertimbangkan akselerasi lateral kendaraan yang ditingkatkan.