Line Up Tertinggi Lamborghini, Aventador SVJ

Line Up Tertinggi Lamborghini, Aventador SVJ

KabarOto.com – Geneva Motor Show 2019 memang sudah lewat beberapa waktu lalu, banyak pabrikan otomotif berlomba-lomba memperkenalkan mobil baru keluarannya. Begitu pula yang dilakukan oleh Lamborghini yang juga tidak mau kalah memperkenalkan line up terbarunya yaitu Lamborghini Aventador SVJ Roadster.

Mobil ini hadir dalam kemasan yang lebih sporti ketimbang Aventador S. Ubahan signifikan terdapat pada bumper-nya yang memiliki 2 lekukan lubang angin pada bagian gril agar terlihat lebih agresif. Lanjutnya, terdapat airdam besar dengan tambahan winglet demi desain bodi SVJ lebih aerodinamis.

Berikutnya, ada penambahan side skirt canard, dengan garnis Aerodinamica Lamborghini Attiva (ALA) 2.0 pada lubang angin yang menuju langsung ke ruang mesin. ALA 2.0 ini adalah aerokit yang hanya digunakan pada tipe tertinggi Lamborghini, contohnya Huracan Performante dan Aventador SVJ.

Baca juga: Mengenal Silsilah Mobil Lamborghini Sekarang

Untuk pelek, SVJ menggunakan model palang 7 dengan motif “Y” berbalut warna hitam. Uniknya, ukuran bagian depan dan belakang berbeda loh, bagian depannya menggunakan ring 20 inci lebar 9 dengan balutan ban Pirelli P Zero Corsa 255/30 R20. Sementara di belakang, menggunakan ring 21 inci berbalut ban serupa dengan ukuran 355/25 R21, dan ban ini mampu tahan digeber hingga 300 kpj sob!

Lanjut ke belakang, desain agresif yang mendominasi bisa kita temui dari lampu rem LED khasnya, apalagi SVJ sudah dilengkapi spoiler besar. Selayaknya model Lamborghini seangkatan, penempatan dual muffler-nya dibuat lebih ke tengah, dan bagian bumper hanya berfokus untuk penempatan diffuser yang memiliki 6 buah bilah cukup besar.

Baca juga: Mobil Ikonik Di Film Fast And Furious: Tokyo Drift

Melihat sisi interiornya, pembeda dengan Aventador S terdapat pada penggunaan warnanya, SVJ menggunakan dominasi warna hitam yang terkesan lebih sporti dan tidak terlihat kotor jika ada noda. Material yang digunakan juga tidak tanggung-tanggung, kulit alcantara turut membalut tiap sisi panel interior SVJ. Untuk joknya mobil ini menggunakan motif jahitan diagonal berwarna putih yang terlihat futuristik seperti mobil konsep.

Fitur-fitur juga cukup lengkap dengan audio steering di setir yang berbalut alcantara, layar spidometer full color yang ukurannya lebih besar ketimbang layar head unit-nya, AC Digital, electronic parking brake, 4 driving modes (Strada, Sport, Corsa, Ego) dan head unit sudah terintergrasi lengkap fitur Android Auto dan Apple Carplay.

Baca juga: Gokil! Toyota Supra Mk4 1994 Laku 2 Miliar Sob!

Sektor jantung pacu, mobil ini didukung dengan mesin V12 berkapasitas 6.500 cc, yang memiliki tenaga 770 dk dan torsi maksimal hingga 720 Nm. Disambung langsung ke ISR (Independent Shifting Rods) gearbox 7 percepatan, dan disalurkan ke penggerak all wheel drive (Haldex gen. IV). Dari kombinasi ini menghasilkan akselerasi hingga 2,9 detik untuk 0-100 kpj, dengan kecepatan maksimal hingga 351 kpj.

Lalu berapa harganya? US$573,966 atau sekitar Rp 8,035 miliar loh. Tapi yang mau memboyong mobil ini ke garasinya, harus buru-buru nih karena SVJ Roadster ini hanya dibuat 800 unit.