Suzuki Akan Bentuk Tim Satelit Musim Depan

Suzuki Akan Bentuk Tim Satelit Musim Depan Paddock Suzuki Ecstar (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com - Suzuki Ecstar tengah mempertimbangkan opsi membentuk tim satelit pada ajang MotoGP 2019. Hal itu disampaikan langsung oleh manajer tim Suzuki, Davide Brivio baru-baru ini.

"Kami akan mencoba mengerjakan proyek ini. Tim satelit adalah salah satu target kami, kami benar-benar harus memilikinya," katanya kepada Crash.net, Kamis (8/3/2018).

"Saya tidak bisa mengatakan untuk tahun 2019 kita akan mewujudkannya atau tidak. Tapi itu adalah sesuatu yang benar-benar ingin kita wujudkan," tambah Brivio.

Baca Juga: Lorenzo Belum Merasa Nyaman Dengan Ducati

Performa tim yang jeblok di musim lalu disinyalir menjadi alasan Suzuki untuk fokus dalam proyek pembentukan tim satelit. Bahkan sudah dua tahun belakangan ini, pabrikan hanya mengandalkan data pengembangan motor GSX-RR dari dua pembalap tim utama saja.

Jika dibandingkan dengan tim-tim seperti Honda, Yamaha, dan Ducati, tentunya Suzuki sudah jauh tertinggal. Oleh karena itu, kehadiran tim satelit dinilai Brivio sangat membantu dalam proses pengembangan motor selama kompetisi berlangsung.

Baca Juga: Rossi Tegaskan Tak Ingin Bentuk Tim MotoGP Sebelum Pensiun

Saat ditanya apakah timnya saat ini sudah menyiapkan sumber daya untuk tim satelit, Brivio merespon dengan berkelakar, "Mungkin jika Anda berbicara dengan teknisi kami, ini bukan waktu yang tepat. Haha, tidak-tidak tentu saja tim satelit adalah pekerjaan tambahan besar untuk tim (Suzuki). Sejauh ini, konsentrasi kami hanya pada tim pabrikan."

"Untuk membuat tim satelit, kita membutuhkan sumber daya yang banyak dan organisasi yang berbeda. Ini adalah sesuatu yang saya pikir cepat atau lambat yang harus kita lakukan. Saya harap kita bisa membuatnya sesegera mungkin."