Tahun 2019, Dorna Sport Bikin Lomba Balap Motor Listrik

Tahun 2019, Dorna Sport Bikin Lomba Balap Motor Listrik Foto: sport.bt.com

Penyelenggara ajang MotoGP dan Superbike, Dorna Sport sudah berencana membuat kejutan event balap untuk dua tahun mendatang. Sebenarnya sudah bisa dibilang tak lagi kejutan karena Dorna Sport sudah membuat pernyataan meski belum resmi.

“Kami akan membuat ajang balap motor listrik di tahun 2019. Tapi ajang balap ini beda dengan balapan motor listrik yang ada sebelumnya," terang bos Dorna, Carmelo Ezpelata kepada media Spanyol, sebagaimana disitat asphaltandrubber.

"Kami akan masukkan ajang balap ini ke kalender Grand Prix sebagai bagian pendukung lomba kelas MotoGP musim 2019,” tambahnya.

Rencananya, lanjut Carmelo, ajang balap motor listrik pengganti ajang FIM e-Power Championship yang sudah lama tak dilombakan ini akan digelar 5 seri, di mana setiap race-nya terdiri dari 10 lap. Untuk kecepatan dari motor balap yang ditargetkan adalah 125 mph.

Dorna Sport, masih kata Carmelo, juga akan bekerja sama dengan dengan perusahaan penyedia pengisian listrik ke setiap sirkuit untuk mendukung terwujudnya balapan yang ekologis.

“Untuk grid dari balapan ini nanti kami rencanakan ada empat tim yang terbagi menjadi 14 pembalap. Empat pembalap terbaik Moto2 akan turun bersama pembalap lain dari MotoGP,” tutup Carmelo.