POPULAR STORIES

Tekanan Angin Ban Pengaruhi Performa Mobil

Tekanan Angin Ban Pengaruhi Performa Mobil mengecek tekanan ban (foto:2.bp.blogspot.com)

Tekanan angin ban mobil yang baik sangat mempengaruhi performa mobil baik dalam hal performa atau akselerasi mobil, kenyamanan berkendara maupun safety mobil.

Menurut Yudi salah satu mekanik toko ban Raperind di kalimalang, Secara sederhana tekanan ban mobil yang baik adalah tekanan yang sesuai dengan standar pabrikan, standar ini biasanya tertera pada dashboard mobil atau pintu bagian dalam mobil atau buku panduan mobil atau tertulis pada ban itu sendiri, satuan untuk tekanan ban mobil adalah Psi yang mana banyak mobil di Indonesia memiliki tekanan angin antara 28 sampai 34 Psi.

"pada dasarnya tekanan angin ban mobil hampir sama (paling tinggi 33 Psi dan paling rendah 28 Psi, akan tetapi juga tergantung mobil apa dan bannya tipe apa? tekanan standart adalah 30-32 Psi untuk mobil MPV seperti Kijang, Avanza, Mobilio, Ertiga, yang lain, sedangkan untuk mobil sedan biasanya antara 28-30 Psi", imbuh Yudi.

Di bagian dinding ban biasanya terdapat tulisan berapa tekanan ban maksimum sehingga pecinta otomotif jika memompa ban tidak boleh melebihi tekanan yang tertulis pada dinding ban mobil. Tekanan ban standar biasanya juga terdapat di buku manual mobil. Kebutuhan mobil dan medan yang berbeda bisa membuat tekanan yang ideal juga berbeda, ambil kasus Toyota Avanza jika dipakai sehari-hari dengan muatan yang sedang cukup dipompa sampai 30 Psi saja, akan tetapi jika hendak dibawa bepergian jauh dengan beban yang cukup banyak (penumpang dan barang banyak) maka tekanan 30 Psi akan dianggap kurang, maka bisa ditingkatkan menjadi 31 atau 32.

Baca juga: