Teknik 'Sandblasting' Sulap Mesin Kembali Mulus

Acrul Affandy
Acrul Affandy 06 Oct 2016 - 02:20
Teknik 'Sandblasting' Sulap Mesin Kembali Mulus
Teknik sandblasting dapat menjadikan mesin yang karatan dan kotor kembali menjadi mulus. (Foto: Istimewa)

Karat, tumpukan oli dan kotoran yang sangat melekat pada mesin memang sangat susah dihilangkan. Kini, teknik sandblasting yang ditawarkan Iron Work di kawasan , Jl. Swantantra IV No. 50, Jati Asih, Bekasi, ini bisa jadi solusinya yang dapat menyulap mesin anda jadi terlihat mulus kembali.

Seperti yang diketahui, Sandbalsting berguna untuk membersihkan karat, bekas oli, garam, dan kotoran lainnya yang sifatnya sangat melekat. Hanya dengan menyemprotkan partikel pasir pada permukaan logam tersebut. Teknik ini biasa digunakan untuk membersihkan kapal laut dari korosi.

"Caranya cukup menyemprotkan partikel blusting pada permukaan logam. Langkah pertama dry blusting (teknik kering) terlebih dahulu dan vapor blusting sebagai langkah akhir untuk penyempurnaan blasting (teknik basah)" ujar Setio Widayanto, juragan Iron Work.


Hasil sandblasting.

Bahkan, blasting yang terbilang sebagai pengganti cat tersebut memiliki beragam jenis bahan pokok dengan partikel berbeda-beda. "Jenis pertikelnya memang berbeda-beda mulai dari glashbead, pasir silika, steelgreat, dan steelshoot. Dari macam-macam bahan tersebut yang menentukan halus dan kasarnya permukaan logam setelah di blusting, tergantung selera konsumen juga sih," jelas pria yang karib disapa Boyo ini.

Nah, harga yang ditawarkan pengerjaan Sandblasting juga bervariasi nih, "Kami patok harga mulai dari Rp450 ribu untuk mesin motor dengan kapasitass dibawah 250 cc. Kalau ditas 250 cc hanya Rp 600 ribu. Untuk proses pengerjaannya tergantung banyaknya orderan," tutupnya.

Baca Juga: