Teknologi Keselamatan Kendaraan "Forward Collision Warning"

Teknologi Keselamatan Kendaraan "Forward Collision Warning" Teknologi Keselamatan Kendaraan Forward collision warning mampu mencegah pengemudi menabrak sesuatu di depannya. (Foto: trw.com)

Teknologi Forward collision warning merupakan teknologi pada mobil yang akan memberikan peringatan jika akan terjadi hal tak diinginkan seperti tabrakan. Teknologi Keselamatan Kendaraan Forward collision warning mampu mencegah pengemudi menabrak sesuatu di depannya, seandainya Anda sebagai pengemudi sedang lengah.

Cara kerja dari Teknologi Forward collision warning ini menggunakan kamera, sensor, atau radar. Kamera di pasang pada bagian windscreen dibelakang spoin dan terhubung dengan perangkat peringatan. Untuk Radar digunakan sebagai sensor yang dipasang dibagian depan kendaraan dan terhubung dengan perangkat peringatan.

Radar pada Teknologi Forward collision warning memiliki kinerja tinggi dengan langsung dapat mengukuran jarak dan kecepatan relatif, operasi di bawah semua kondisi cuaca.

Dilaporkan laman TRW, cara kerja sistem ini adalah akan memberikan peringatan seperti bunyi-bunyi tertentu untuk mendapat perhatian pengemudi. Jika melewati batas tertentu, maka rem secara otomatis akan berfungsi. Beberapa model mobil di Indonesia sudah memiliki fitur ini.

Baca Juga: