Teknologi Self Driving Rentan Diretas dengan Pointer Laser

Alif Sowandono
Alif Sowandono 11 Sep 2015 - 08:23
Teknologi Self Driving Rentan Diretas dengan Pointer Laser
google self driving car (foto: Lifehack.org)

Pengembangan teknologi mobil tanpa pengemudi atau self-driving cars semakin marak dipakai dan diterapkan pada mobil-mobil canggih keluaran terbaru, hal ini ternyata juga berdampak pula dengan peningkatan ancaman peretasan terhadap kendaraan dengan teknologi seperti ini.

Kini, satu peneliti keamanan tak hanya menunjukkan betapa mudahnya mengelabui teknologi penginderaan (remote sensing) pada kendaran ini, namun juga memperlihatkan bisa dilakukan dengan memakai peranti sederhana yang ada di pasaran.

Ilustrasi (foto:Lifehack.org)

Seorang pakar keamanan, Jonathan Petit memakai penunjuk laser yang biasa dipakai untuk presentasi sebagai alat peretas kendaraan tanpa pengemudi. Lampu laser itu seakan-akan membuat citra mobil atau pejalan kaki palsu dengan mengarahkannya dari jarak 100 meter. Gambar di atas memperlihatkan bagaimana kendaraan tanpa pengemudi 'melihat' situasi di sekitarnya.

Saat uji coba, peneliti bisa mengecoh peranti sensor kendaraan tanpa pengemudi sehingga seperti 'melihat' kendaraan lain atau pejalan kaki.  Peretasan dengan sinar laser ini bisa membuat mobil tiba-tiba berbelok, berhenti atau bahkan jadi bingung sendiri sehingga tak bisa dihidupkan sama sekali.

Baca juga: