POPULAR STORIES

Tengok Kecanggihan Slipper Clutch Ninja 250

Tengok Kecanggihan Slipper Clutch  Ninja 250 Ini Slipper Clutch teknologi yang disematkan di Kawasaki Ninja 250 (Foto: Kawasaki Ninja)

Bro and Sist, bagi Anda pemilik motor Kawasaki Ninja 250 sudah ada teknologi terbarunya, yakni Slipper Clutch. Apa saja kelebihannya?

Pabrikan asal Jepang ini, dari tahun ke tahun terus menyempurnakan teknologi terkini yang di pasangkan pada motor Kawasaki Ninja.

Ninja 250 memiliki mesin bersilinder ganda, sistem katup DOHC (Double Overhead Camshaft) dan berpendingin cairan, mampu mengeluarkan tenaga sebesar 32 hp dan torsi 21 Nm. Kini Ninja 250 mengalami lagi penyempurnaan yang akan melengkapi semua varian Ninja 250. Produk itu akan dilengkapi dengan sistem kopling Slipper Clutch yang telah diaplikasikan pada model-model Ninja berkapasitas mesin lebih besar.

Mengenai sistem ini, secara lengkap namanya Assist and slipper clutch yang beroperasi pada saat yang berbeda, dimana Assist clutch terjadi saat motor berakselerasi. Sedangkan slipper clutch secara otomatis terjadi saat motor berdeselerasi dan melakukan penurunan gigi atau downshift. Biasanya saat penurunan gigi dengan cepat (misal pada saat race) pada sistem kopling akan terjadi fenomena back torque (torsi berlebih) yang bisa membuat ban belakang skid dan selanjutnya membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan.

Slipper Cluth yang dipasang di Ninja 250 bertujuan untuk mengurangi kerugian akibat gejala back-torque dan kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang dapat mengakibatkan skid.

Baca Juga: