POPULAR STORIES

Terburuk Sepanjang Sejarah, Maruti Catatkan Hampir 0 Persen Penjualan Karena Covid-19

Terburuk Sepanjang Sejarah, Maruti Catatkan Hampir 0 Persen Penjualan Karena Covid-19

KabarOto.com - Covid-19 yang terjadi di berbagai negara dunia cukup memukul berbagai lini industri. Salah satu yang terdampak cukup besar, adalah otomotif, baik secara penjualan maupun produksi roda empat dan roda dua.

Salah satu pabrikan terbesar di India, Maruti Suzuki harus memotong produksi hingga 98 persen pada Mei 2020. Sedangkan bulan sebelumnya, penjualan hampir nol untuk pertama kalinya dalam sejarah otomotif mereka.

Memasuki lockdown atau penguncian tahap empat, pemerintah India menginginkan fasilitas produksi otomotif yang berada di zona hijau dan orange Covid-19 untuk berproduksi dengan mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga: Terhenti Akibat Pandemik Covid-19, Pabrik Suzuki Indonesia Resmi Beroperasi Kembali

Beberapa pabrikan mobil telah memperkenalkan platform penjualan online, sebagai gaya bisnis baru di tengah pandemik. Meski begitu, angka penjualan tetap jauh lebih rendah dibanding sebelumnya, dan baru akan pulih dalam beberapa bulan mendatang.

Maret dan April menunjukkan yang terburuk dalam sejarah industri otomotif India, dengan catatan hampir nol persen penjualan di pasar domestik. Bulan berikutnya lebih baik tetapi tentu saja tidak mendekati tren yang biasa.

Dengan begitu, banyak pabrikan yang juga memangkas produksi, dan Maruti Suzuki India Limited (MSIL) mengurangi produksi sebesar 97,54 persen pada Mei 2020 untuk meminimalkan kemungkinan kerugian lebih lanjut.

Produsen mobil terbesar di negara ini hanya membuat 3.714 unit bulan lalu, dibandingkan dengan 151.188 unit pada Mei 2019.