POPULAR STORIES

Ternyata Ini, Asal Muasal Filosofi 'Jinba-Ittai' Milik Mazda

Ternyata Ini, Asal Muasal Filosofi 'Jinba-Ittai' Milik Mazda Ternyata Ini, Asal Muasal Filosofi 'Jinba-Ittai' Milik Mazda (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Eurokars Motor Indonesia, dengan bangga mengungkap kisah inspiratif, di balik kelahiran dan evolusi Jinba-Ittai milik Mazda. Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas, antara mobil dan pengemudi dan berkembang selama 3 generasi.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia menyampaikan, filosofi Jinba-Ittai sudah menjadi ideologi yang sangat dikenal di Indonesia, khususnya bagi pecinta dan pemilik mobil Mazda. "Jinba-Ittai merupakan value yang kami selalu komunikasikan, karena produk Mazda lahir dari para Takumi Jepang dan sarat dengan filosofi yang sangat menarik untuk selalu diceritakan kepada konsumen di Tanah Air, " terangnya.

Mazda memiliki filosofi yang menghubungkan mobil dan pengemudi (Foto: Mazda Australia)

Inti dari narasi ini adalah, Tetsu Kasahara seorang Asisten Manajer Departemen Pengembangan Dinamika Chassis, Divisi Pengembangan Kendaraan, dipercaya untuk membentuk Mazda MX-5 generasi pertama.

Baca Juga: Proyek Mobil Listrik Perdana, Mazda MX-30 Siap Diproduksi

Pada tahap awal, Kasahara mengalami momen transformatif saat mengemudikan prototipe. Ia merasakan kesatuan yang utuh dengan mobil tersebut. Ini menandai dimulainya Jinba-Ittai, atau ikatan intim antara pengemudi dan kuda kesayangan mereka.

Awalnya dikenal sebagai Jinsha Ittai, yang berarti kesatuan antara mobil dan pengemudi, istilah tersebut berangsur-angsur berkembang menjadi Jinba-Ittai, terinspirasi oleh ikatan gigih antara kuda dan penunggangnya.

Baca Juga: Video Review Mazda MX-5 RF

Perasaan Kasahara bukan untuk kecepatan semata di trek, tetapi untuk merekayasa rasa kegembiraan untuk mengendarai mobil convertible. Dia menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan dinamika sasis, mengemudikan prototipe di sekitar Miyoshi Proving Ground, sekaligus mengumpulkan data.

Yasuyoshi Mushitani selaku Technical Leader Chassis Dynamics, di bawah bimbingan Kasahara, mempelajari seluk-beluk suspensi dan dinamika sasis, membenamkan dirinya dalam pengetahuan teknis.

Melanjutkan warisan tersebut, Hiroshi Kawata, Asisten Manajer Dinamika Chassis, Departemen Pengembangan, Divisi Pengembangan Kendaraan, mengambil tongkat estafet untuk memperkenalkan Jinba-Ittai ke dalam MX-5 ND saat ini.