POPULAR STORIES

Test Drive All New Toyota Veloz 1.5Q CVT TSS, Varian Atas Dengan Fitur Modern

Test Drive All New Toyota Veloz 1.5Q CVT TSS, Varian Atas dengan Fitur Modern Foto: KabarOto/Harry Blek

KabarOto.com - All New Toyota Veloz dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menjadi era baru mobilitas di Tanah Air. Dikembangkan di Indonesia, produk ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, maupun pasar global.

KabarOto kebagian juga menjajal mobil kembaran Toyota Avanza ini, All New Toyota Veloz 1.5Q CVT TSS adalah varian paling atas, menggendong fitur Toyota Safety Sense (TSS) selain dari vehicle Stability control, hill start assist dan 6 airbag. TSS di All New Veloz berupa Pre-Collision Warning and Braking, Lane Departure Warning and Prevention, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Adaptive Driving Beam dan Front Departure Alert.

Platform baru dengan penggerak roda depan (FWD), bisa dikatakan punya andil besar dalam membuat dan menghasilkan sensasi mengemudi yang berbeda. Posisi mengemudinya pun tak lagi terasa tinggi khas MPV bersasis unibody.

Baca juga: Profil All New Toyota Veloz

Kini berpenggerak roda depan, setelah sebelumnya penggerak roda belakang (RWD)

Eksterior

Dari bentuk desain sebelumnya, memang All New Veloz seperti mengalami lompatan desain. Kini lebih modern, dengan garis tarik dari depan hingga belakang, sebagai fungsi aerodinamis. Bagian fascia depan juga berubah, tidak lagi kotak, kini memiliki tampilan muka agresif. Gril besar dengan lampu utamanya seperti menyipit.

Lampu kabut model bulat dengan pelindung yang dilapis krom, pelek berukuran 17 inci dengan ban 205/50 R17. Dari bumper depan hingga belakang, untuk bagian bawah bumper dan side skirt dilabur warna hitam semi dof.

All New Veloz punya desain yang lebih catchy dengan positioning yang berbeda dengan kembarannya yakni Avanza, dilengkapi dengan fitur advance yang lengkap dan memanjakan penumpang. Hal ini disesuaikan dengan profil konsumen yang membutuhkan kendaraan sebagai teman mobilitas juga lifestyle.

Secara tampilannya, memang jadi jauh berbeda ketimbang generasi sebelumnya. Kini Veloz terlihat lebih besar dan panjang, memiliki ciri khas LMPV masa kini layaknya kompetitor seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga Hybrid dan Hyundai Stargazer.

Memiliki panjang 4.475 mm, tinggi 1.700 mm, lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. All New Veloz memperlihatkan tampilan baru, tidak lagi memiliki bodi agak kotak dan tinggi, kini lebih rendah dan ramping, tetapi memiliki jarak terendah atau ground clearance sekitar 205 mm.

Ada yang berbeda, sebelumnya Veloz menggunakan pelek 15 inci dengan PCD (Pitch Circle Diameter) 4x114,3, kini model terbaru Veloz ini menggunakan pelek 17 inci dengan PCD yang berbeda, sama seperti yang digunakan Corolla Altis, Raize dan 86, yakni 5x100.

Baca juga: Lupa Parkir? Pakai Fitur Find My Car Di All New Toyota Veloz

All New Veloz kini lebih rendah dan ramping

Interior

Masuk ke kabin, terasa nuansa baru. Dasbor yang panjang, memberikan visibilitas yang baik untuk pengemudi dan penumpang depan. Konsol tengah yang seolah menyatu dengan dasbor, membuat nuansa mengemudinya seperti dalam mobil sedan.

Interior didominasi warna hitam dikombinasi dengan warna krem, jok dibungkus bahan kulit dikombinasikan dengan bahan fabric yang berpori. Benang jahitan warna putih, untuk memberi kesan kombinasi dan menarik.

Head unit dilengkapi koneksi Apple CarPlay dan Android Auto, untuk memutar lagu bisa memanfaatkan fasilitas USB pada head unit untuk membaca format lagu MP3, tak ketinggalan TV di plafon untuk hiburan penumpang baris kedua. Speaker tersebar di kabin, terpasang pada pilar kaca depan, door trim pintu depan dan belakang.

AC menggunakan model digital dan auto, namun masih menganut single zone. Untuk penumpang belakangnya tersedia blower AC, dengan pengoperasian model putar dan manual. Hembusan udara sejuk dari AC itu, terasa hingga penumpang jok baris ketiga.

Untuk tetap terkoneksi dengan handphone atau tablet, gunakan fasilitas pengecasan dengan koneksi USB. Tersedia di dasbor depan ada 2, konsol tengah terdapat 2 untuk penumpang baris kedua, dan 1 di baris ketiga.

Ini menjadi semacam syarat sebagai kendaraan keluarga Indonesia, yang saat ini selalu aktif menggunakan handphone untuk sekedar mencari berita atau informasi, hingga update status di sosial media.

Busa jok pengemudinya cukup empuk dan tebal, pengemudi dengan tinggi 175 cm terasa nyaman, tidak seperti pada Veloz generasi sebelumnya terasa kekecilan. Begitupula jok baris keduanya, sandaran tidak terlalu tegak, karena bisa di atur tingkat kemiringan untuk menyangga punggung penumpangnya.

Sementara kursi baris ketiga hanya untuk 2 orang saja berukuran 155 cm hingga 165 cm, jika kursi dilipat bisa memberikan ruang angkut yang lebih lega di bagasi.

Kenyamanan duduk penumpang belakang bisa lebih ditingkatkan lagi dengan konfigurasi jok yang lebih fleksibel. Cukup melepaskan head-rest, dan merebahkan sandaran jok baris ke-2, kita sudah mendapatkan konfigurasi jok yang nyaman buat ‘selonjoran’. Dengan catatan, sandaran jok baris ke-3 tidak dalam kondisi terlipat.