POPULAR STORIES

Test Drive Suzuki XL7 Alpha, Extraordinary SUV Dengan 7 Tempat Duduk

Test Drive Suzuki XL7 Alpha, Extraordinary SUV dengan 7 Tempat Duduk Foto: Fayon

KabarOto.com - Pihak KabarOto berkesempatan mencoba SUV fenomenal ini, namun sebelum membeberkan hasil tes yang dilakukan, ada baiknya KabarOto berikan informasi perihal Suzuki XL7 ini.

50 tahun Suzuki hadir di Indonesia, kehadiran Suzuki XL7 pada Februari lalu seperti menjadi sebuah kado spesial. Bisa jadi, menjadi momen krusial karena Suzuki XL7 ini merupakan produk baru yang diproduksi di Indonesia. Dengan kandungan komponen lokal mencapai 85%.

Sejak diluncurkan ke pasar domestik, XL7 juga diekspor ke 20 negara seperti Barbados, Trinidad dan Tobago, Vietnam, Filipina bahkan ke Thailand. Ini merupakan bukti prestasi dari produk buatan negeri sendiri.

Tingginya minat konsumen internasional terhadap XL7, karena produk tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan diproduksi menggunakan teknologi paling mutakhir serta fasilitas berstandar internasional di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Ternyata minat konsumen domestik juga cukup antusias terhadap XL7, berdasarkan wholesales data Gaikindo bulan Januari-Agustus 2020 sudah terjual sebanyak 6.313 unit. Angka tersebut didapat di tengah kondisi pandemik Covid-19 mewabah di Indonesia, termasuk beberapa wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Oh iya, di India mobil ini juga diproduksi, namun dengan nama yang berbeda yakni XL6 dan tentunya memiliki perbedaan detail dengan XL7.

Baca juga: Video Review Suzuki XL7, Jalan-jalan di Kawasan Gunung Salak

Mari kita mulai mengulas Suzuki XL7 Alpha ini.

Nama XL7 merupakan singkatan dari extra large 7-seater, artinya mobil ini bisa menampung hingga 7 penumpang. Selanjutnya nama varian Alpha melambangkan pemimpin barisan terdepan.

Tampilan mobil ini terbilang cukup gagah, dengan garnish di depan dan belakang. Sementara gril depan besar berlapis krom menonjolkan kesan mewah. Identitas sebagai kendaraan SUV diperkuat penggunaan hood side slit dan roof rail, untuk peleknya menggunakan ukuran 16 inci dengan ban profil lebar dan tinggi yakni 195/60.

Lampu depan model besar sudah mengadopsi teknologi LED dan dilengkapi dengan DRL, sementara lampu kabutnya berada di bagian bawah bumper dengan desain model bulat. Bagian lampu belakang terlihat agresif dan sudah LED, penambahan reflektor pada bagian bawah bumper belakangnya dan lampu stop tambahan pada spoiler belakang.

Suzuki XL7 Alpha memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Sementara untuk sumbu rodanya adalah 2.470 mm, untuk jarak pijak depan adalah 1.515 mm dan 1.530 mm untuk belakang. Dengan demikian, mobil ini memiliki ruang kabin yang cukup lega, plus ruang bagasi makin lega jika kursi baris ketiganya dilipat dan akan bertambah lega lagi jika kursi baris kedua ikutan dilipat.

DNA sebagai sebuah SUV memiliki tuntutan untuk bisa melibas beragam medan, namun bukan off-road karena peruntukan mobil ini adalah sebagai mobil keluarga. XL7 memiliki jarak pijak cukup tinggi, namun didesain tetap nyaman dikendarai karena perpaduan suspensi McPherson Strut dengan Coil Spring di depan dan Torsion Beam dengan Coil Spring di belakang.