POPULAR STORIES

Test Drive Wuling Alvez EX, Fitur Melimpah Jadi Andalan

Test Drive Wuling Alvez EX, Fitur Melimpah jadi Andalan Foto: KabarOto

KabarOto.com - Jadi pilihan menarik, Wuling Alvez jadi sebuah pilihan kendaraan SUV dengan harga di bawah Rp 300 jutaan, namun punya fitur melimpah.

Seperti biasa, KabarOto mendapatkan kesempatan untuk menguji kendaraan SUV terbaru dari Wuling Motors. Selama 7 hari diuji keandalan dan performanya, melewati berbagai kondisi jalan yang sesuai dengan karakter SUV medium tersebut.

Wuling Alvez memiliki panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan sumbu roda 2.550 mm.

Baca juga: Tambah Bagasi Ekstra Wuling Alvez, Begini Caranya

Tampilan Alvez cukup sporty sesuai dengan selera modern seperti sekarang. Mulai dari tampilan lampu utamanya maupun lampu belakang yang sudah mengadopsi teknologi LED, untuk lampu depan memiliki setelan sesuai keinginan (Adjustable LED projector), kemudian desain gril yang menonjolkan kesan kokoh.

Desain bumper depan dan belakang tidak bermain ekstrem, cukup mengikuti lekukan bodi, dengan aksen krom dan dilengkapi reflektor di setiap sisi.

Bagian buritan, desain lampu memanjang dengan spoiler pada atas pintu bagasi serta penyematan antena model shark fin layaknya mobil-mobil SUV modern. Dilengkapi juga roof rail agar menegaskan status SUV, fitur spion elektrik juga tidak ketinggalan.

Kesan SUV yang kental, dan pelek uniknya berukuran 16 inci finishing black polish, dibalut ban ukuran 205/60 R16.

Kelebihan paling utama dari Alvez sendiri adalah fitur yang sangat lengkap. Mulai fitur keamanan seperti Rear Parking Camera, Electronic Stability Control & Traction Control System, sistem pengereman ABS & EBD, Electric Parking Brake dengan Auto Vehicle Holding, Hill Hold Control, ISOFIX, serta SRS Airbag di bagian depan. Selain itu, untuk menjaga kendaraan tetap aman, Alvez dibekali dengan Anti-theft Alarm dan Immobilizer.

Wuling Alvez dibekali fitur keselamatan aktif Advance Driving Assistance System (ADAS), yang terdiri dari Forward Collision Warning, Lane Keeping Function, Lane Departure Warning, bantuan rem otomatis dan Safe Distance Warning (SDW).

Serta Intelligent Hydraulic Braking Assistance, juga tak ketinggalan fitur lainnya seperti Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV)..

Ketika KabarOto mencoba kendaraan ini, kadang sedikit terganggu jika berpindah jalur tanpa menggunakan sein. Kemudian untuk kecepatan juga dibatasi pada 125 kpj, semua ini demi keselamatan. Menariknya lagi untuk rem tangan, akan berfungsi otomatis (on dan off) jika pengemudi sudah mengenakan sabuk pengaman, jika belum maka rem tangan tersebut tidak akan bekerja otomatis ketika kendaraan berhenti atau akan jalan.

Kemudian Adaptive Cruise Control yang dikombinasi sistem Bend Cruise Assistance di mana fitur ini mampu mengurangi kecepatan ketika mobil melewati tikungan saat mode cruising. Serta Intelligent Hydraulic Braking Assistance, sistem ini akan menyesuaikan seberapa besar tekanan pengereman secara otomatis sesuai risiko bahayanya.

Baca juga: Video Review Wuling Alvez, Harga Dan Fitur Jadi Daya Tariknya

Wuling Alvez hadir dengan 5 opsi warna yakni Starry Black Tungsten Steel, Carnelian Red, Pristine White, dan Aurora Silver. Wuling Alvez jadi pemain baru di kelas kompak SUV yang mungkin membuat ketar-ketir pesaingnya.

Interior Wuling Alvez EX menawarkan nuansa perpaduan warna hitam dan abu-abu, untuk memberikan kesan sporty. Perpaduan material soft touch dan plastik keras masih jadi bahan utama. Bagian jok dan lingkar kemudi dibalut bahan kulit agar terlihat mewah.

Busa jok cukup tebal, memiliki desain lekukan yang seperti menyesuaikan dengan kontur tubuh orang asia pada umumnya.

Posisi duduknya cukup nyaman, bagi pengemudi dengan tinggi 176 cm ternyata vsibilitasnya cukup memuaskan. Pengaturan setir juga dilengkapi tilt steering, sayangnya hanya tersedia pengaturan untuk posisi naik dan turun saja.

Duduk di baris kedua, juga leluasa pada ruang kaki dan kepalanya, sayangnya jok terasa keras sehingga untuk perjalanan jangka panjang membuat sedikit pegal, tak heran apabila di mobil akan keluar pengingat untuk beristirahat setelah mengemudi lebih dari 2 jam.

Lingkar kemudi dilengkapi tombol audio, MID dan cruise control. Spidometer mengadopsi model layar TFT berukuran 7 inci, menampilkan berbagai kondisi kendaraan, mulai dari kecepatan, putaran mesin hingga petunjuk bahan bakar.

Sementara untuk sarana hiburan kabin, dilengkapi head unit dengan layar 10,25 inci yang sudah dilengkapi teknologi layar sentuh, koneksi internet sehingga bisa mengakses navigasi, hingga mirroring smartphone, dan mengatur AC yang sayangnya belum mengadopsi dual zone, hanya pengaturan hembusan AC untuk penumpang di baris kedua.

Dukungan 4 speaker yang dimiliki juga diharapkan bisa memanjakan penumpang. Di sini suara gebukan bass dari speakernya cukup kuat, KabarOto sampai mencari tahu kemungkinan SUV ini sudah dilengkapi sistem audio tambahan, seperti subwoofer.