Test Ride Viar Cross X 250 ES - Trail Lokal Rasa Special Engine

Test Ride Viar Cross X 250 ES - Trail Lokal Rasa Special Engine Foto: Aldi/Kipli/KO

KabarOto.com - Ditengah ramainya serangan motor matic, rupanya motor bergaya trail masih digandrungi konsumen saat ini, sebut saja pabrikan Jepang yang masih berlomba memasarkan model terbarunya meski tak segencar pasar matic di pasaran.

Kali ini Kabaroto tidak akan mengulas motor trail produksi Jepang maupun Eropa, melainkan produksi lokal yakni Viar Cross X 250 ES, tak kalah menarik dengan pesaing-pesaingnya dari segi performa maupun tampilannya.

Desain bodinya memang sekilas terlihat berkiblat pada pabrikan Jepang, namun uniknya, Viar mengaplikasikan rangka model Twin Spar yang lazimnya ditemukan pada motor jenis sport agar tampilan terlihat makin kekar.

Viar Cross X 250 ES bisa dibilang semacam penyempurnaan dari Cross X 250 SE dengan bobot total yang lebih ringan 14 kg, diantaranya melakukan revisi bagian triple clamp dengan sistem CNC juga swing arm.

Menunggangi motor dengan tinggi 1.250 mm dengan 2 kaki menapak tentu bukan masalah bagi test rider Kabaroto yang punya tinggi badan 187 cm. Namun untuk tinggi badan rata-rata orang Asia di angka 165-170 cm tentu ini sedikit jadi kendala. Ya, paling tidak Sobat Kabaroto harus mencari trotoar/ tumpuan jika ingin lebih simpel.

Panjang motor 2.120 mm dan berat total 112 kg saja menjadikan 250 ES sebagai trail enduro yang rasanya siap untuk melibas medan off-road. Memang pemangkasan bobot sengaja dilakukan Viar agar rider tak terlalu lelah dalam bermanuver di medan menantang.

Baca Juga: Test Ride - Seminggu Kencan Dengan MV Agusta F4R