POPULAR STORIES

Theon Design Meracik Porsche 911, Ongkosnya Rp6 Miliar

Theon Design Meracik Porsche 911, Ongkosnya Rp6 Miliar

KabarOto.com - Porsche 911 (964) memang punya pesona tersendiri bagi beberapa kalangan penggemar kecepatan. Tapi juga sekaligus mengubah desainnya menjadi lebih berkarakter.

Theon Design meracik Porsche 911 (964) diyakini merupakan project ketiga berstandar kelas dunia dalam hal desain dan rekayasa mesin. Menjadi tantangan tersendiri, karena 964 merupakan produksi tahun 1989 hingga 1994.

Baca juga: Porsche 911 Turbo S Rayakan 20 Tahun di Tiongkok



Konsumennya kali ini datang lagi dari Hong Kong, berkode HK002 berbasis dari restorasi dan penyempurnaan Porsche 911 (964).

Dalam pembangunan mobil ini memakai data 3D untuk menata bodi, diyakini memakai teknik tinggi manufakturing dan kualitas serta desain setingkat OEM.



Rumah modifikasi yang berbasis di Inggris ini, meracik sentakan mesin enam silinder berkapasitas 3.800 cc non-turbo diklaim mampu hadirkan tenaga hingga 370 dk dan torsinya 406 Nm.

HK002 ini menata ulang throttle bodies, kepala silider proses porting serta alurnya dibuat ulang. Piston dan dinding silinder dari Mahle, setang piston dari Carrillo dan camshaft juga rancangan baru.



Sistem penggerak dikerahkan ke roda belakang melalui transmisi manual yang dibangun ulang G50 enam percepatan.

Kesempurnaan rancang bangun dari Theon Design ini membuat total kendaraan hanya 1.248 kg. Distribusi bobot dibuat 50:50 membuat pengendalian makin ideal.



Terlihat lebih rebah berkat suspensi gunakan KW Variant 3, membuatnya lebih rebah berbanding 964 RS.

Kabin memang sangat jauh dari kesan OEM, karena pemilik lebih ingin bergaya sporty. Theon Design menatanya gunakan jok Recaro untuk depan berbalut kulit semi-aniline hijau dan diberi corak gelombang Spinneybeck dan garis kontras kuning.



Serat karbon juga terlihat mendominasi di kabin. Mulai dari konsol tengah tapi dipadu kulit agar terlihat mewah. Lingkar kemudi dari Nardi berjahitan khusus agar sesuai dengan rancangan interior Nardi sendiri.

Oh iya, kenyamanan di kabin juga terbilang canggih, adanya layar kamera mundur, akan terlipat ketika mobil mulai melaju ke depan. Unit stereo juga tersembunyi, sehingga dasbor terlihat resik.

Baca juga: Porsche 911 GT3 Makin Kencang, Harganya Rp 2,9 Miliar



Sistem pengisian ulang baterai ponsel magnetic wireless terdapat di balik dasbor, mudah penempatannya untuk mengontrol sistem suara dan sistem satelit navigasi.

Hasil dari pengerjaan Theon Design mematok di angka £300.000 atau setara Rp 6 miliar. Lama proses pembangunan kendaraan hingga jadi memakan waktu sekitar 18 bulan.