POPULAR STORIES

Tidak Usah Risau Layanan BBM Bakal Usai, Chevrolet Beri Tips Beli Mobil Baru Nih!

Tidak Usah Risau Layanan BBM Bakal Usai, Chevrolet Beri Tips Beli Mobil Baru Nih! Foto: Kabaroto

KabarOto.com - Aplikasi layanan Blackberry Messenger (BBM) dikabarkan akan berhenti beroperasi mulai 31 Mei mendatang, padahal layanan ini pernah menjadi andalan dan kebutuhan banyak orang. Begitupun dengan mobil, saat ini memiliki mobil hampir menjadi kebutuhan setiap orang. Pasalnya, menggunakan kendaraan pribadi memberikan kemudahan dalam beraktivitas setiap harinya. Nah, tetapi masih banyak juga nih orang yang belum paham waktu yang tepat serta cara memilih serta memilah baik buruknya kendaraan.

Tidak sedikit yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mendapatkan penawaran bagus untuk membeli kendaraan baru adalah pada akhir bulan, akhir kuartal, akhir tahun, serta selama kegiatan pameran otomotif.

Contohnya di gelaran otomotif besar yang sesaat lagi dibuka, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan dimulai pekan depan, tepatnya mulai 25 April hingga 5 Mei.

"Banyak pelanggan yang memerlukan informasi tentang bagaimana mereka memilih kendaraan yang sesuai kebutuhan. Mereka mencari informasi melalui berbagai sumber, termasuk media online. Akan tetapi, hal tersebut belum dirasa cukup jika belum memperoleh informasi lengkap langsung dari sumbernya dan mencoba kendaraan-kendaraan yang dipertimbangkan," ucap Yuniadi Haksono Hartono selaku External Affairs & Communications Director, GM Indonesia.

Nah, Chevrolet memberikan tips untuk sobat KabarOto sebelum memilih mobil incarannya, berikut beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan:

1. Pilih jenis kendaraan yang tepat

Misalnya jenis mobil apa yang paling cocok dengan kebutuhan. Seperti city car, SUV atau MPV. Untuk yang masih single biasanya belum butuh mobil MPV untuk mengangkut keluarga. Perlu berbagai pertimbangan nih untuk menentukan.

Baca Juga: Ini Lho Bedanya MPV, SUV, Dan Crossover

2. Buat daftar checklist

Sobat KabarOto rasanya perlu mencatat hal-hal yang penting untuk diperiksa ketika sesi test drive, sehingga bisa melakukan perbandingan head-to-head antara setiap kendaraan.

Nah, daftar checklist ini biasanya meliputi karakteristik kendaraan. Misalnya akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior yang diinginkan, kenyamanan di dalam kabin seperti kursi, akses keluar masuk, dan ruang kargo. Serta jarak pandang hingga teknologi dan fitur yang tersedia.

3. Diskusikan dengan sahabat terdekat

Bisa menjadi opsi nih, penting untuk berdiskusi dengan keluarga atau sahabat terdekat mengenai kendaraan yang sedang menjadi pertimbangkan. Siapa tahu mereka mengenal seseorang yang memiliki kendaraan yang sama, sehingga dapat memberikan masukan dari pengalamannya.

4. Ketahui sistem keamanan mobil

Beberapa model terbilang cukup berisiko untuk dicuri, terutama model lama yang tidak memiliki sistem keamanan canggih. Jadi pastikan juga bahwa mobil yang sedang di pertimbangkan memiliki fitur keamanan yang lengkap. Sehingga mengurangi risiko terjadinya pencurian atau pembobolan.

5. Kenyamanan adalah kunci

Nah, kenyamanan ada pangkal semuanya. Kenyamanan tidak hanya dirasakan ketika berkendara loh, misalnya akses keluar masuk mobil mudah, kabin yang lega, ruang kaki yang luas, dan sebagainya, juga memberikan dampak kenyamanan bagi penumpang.

6. Pahami kebutuhan perawatannya

Hal biasa namun penting untuk dipahami. Yaitu interval perawatan kendaraan, serta cari informasi mengenai biaya perawatan yang dianjurkan sesuai buku servis. Karena tidak semua jenis mobil memiliki perawatan hingga spare part yang sama loh.

Baca Juga: Ini Daftar Harga Lengkap Perawatan Mobil Scuto

7. Lakukan perbandingan harga

Di luar keadaan mobil, Sobat Kabaroto harus memperhatikan harga yang diberikan. Perhatikan apakah ada promosi-promosi khusus yang ditawarkan melalui event-event berskala besar, seperti IIMS yang akan berlangsung pada beberapa hari kedepan.

Ricky Hertanu, Head of Business Development Maybank Finance selaku partner resmi Chevrolet Indonesia, memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih skema pembayaran yang ditawarkan. Seperti jangan terpancing penawaran DP rendah, biaya tambahan diluar kredit, dan perbandingan harga cicilan dan penghasilan.

So, mau beli mobil apa nih?