POPULAR STORIES

Ini Lho Bedanya MPV, SUV, Dan Crossover

Ini Lho Bedanya MPV, SUV, dan Crossover Perbedaan MPV, SUV, dan Crossover. (Foto: Wandha)

KabarOto.com - Zaman semakin modern, jenis kendaraan juga sudah sangat beragam. Misalnya jenis-jenis sepert SUV, MPV, Crossover, Hatchback, City Car, Sedan dan masih banyak lagi ragam penyebutannya. Bahkan masing-masing brand otomotif memiliki cara penyebutannya sendiri. Contohnya saja SAV untuk mobil SUV dari BMW.

Baca Juga: Nyetir Mobil New Toyota Avanza 2019 Lebih Stabil Gara-gara Ini

Sobat KabarOto sudah jelaskah dengan pengertian golongan mobil tersebut? Nah, kali ini KabarOto ingin menjabarkan sedikit lebih detil mengenai pengertian serta pemahaman SUV, MPV, dan Crossover. Bagi sebagian orang penyebutan ini cukup baru dan belum ramah di telinga seperti tahun 2015 keatas.

1. MPV

MPV
Kepanjangan dari MPV adalah Multi Purpose Vehicle. Jika di bahasa indonesia-kan kurang lebih artinya kendaraan yang memiliki banyak fungsi. Dari nama serta artinya saja bisa dikatakan mobil ini dikomposisikan menjadi kendaraan yang dapat menampung banyak kapasitas, baik orang maupun barang.

Karena hal inilah jenis mobil MPV bisa dikategorikan sebagai mobil keluarga. Mobil MPV biasanya dibuat dengan dimensi yang lega sehingga bisa muat untuk diisi banyak penumpang dan barang. Kendaraan model ini juga memiliki desain yang tidak terlalu aneh-aneh.

Baca Juga: Wuling Cortez Dapat Penghargaan "Best Of Medium MPV Gasoline"

Yuda owner AHT Garage menjelaskan, "Mobil MPV itu pokoknya mobil keluarga aja. Biasanya bentuknya sih nggak sporty, biasanya ya. Kebanyakan bentuknya kotak-kotak aja bentuknya, kayak Serena, Grand Livina."

Di Indonesia mobil ini banyak menjadi incaran masyarakat karena kapasitas yang banyak, serta harganya tidak terlalu mahal. MPV paling hits sejak tahun 2000-an yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Nah, pada 2016 keluar nih saingan dari dua brand tersebut, yaitu MPV dari Mitsubishi dengan nama Xpander.

2. SUV

Nah, saat ini mobil SUV sedang menjadi primadona. Dilihat dari desain mobil ini terlihat jauh lebih sporty jika dibandingkan MPV. Dengan kepanjangan Sport Utility Vehicle, mobil ini memang didesain dengan performa yang bisa menaklukan segala medan dan kuat menampung beban, sehingga kapasitas bukan menjadi tolak ukur.

Menurut Yuda, mobil SUV sesungguhnya bentuknya besar dan sporty seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero. Dilihat dari bentuknya, mobil ini memang memiliki ukuran yang besar dan jarak ground clearence yang tinggi. Untuk yang belum paham, ground clearence adalah jarak dari tanah ke titik paling rendah pada mobil.

SUV

Pria berkacamata ini juga menjelaskan, "SUV itu ciri-cirinya ground clearence-nya tinggi. Paling gampang gini (caranya), kita bayangin aja jalan super rusak. (Mobil) yang paling aman buat lewat yang mana. Kalau dia (mobil) bisa lewat dengan aman, kira-kira dilihat dari bentuknya bakal aman berarti itu SUV. Contohnya masuk jalan yang berlumpur, kerikil-kerikil banyak bebatuan gitu, kalau Honda Jazz nggak mungkin deh, kalau Avanza juga kayaknya masih bakal nyangkut. Tapi kalau bayanginnya Fortuner lewat, nah baru bisa. Berarti ini SUV."

Nah, saat ini mobil SUV juga terbagi lagi tergantung ukurannya, seperti low SUV seperti Honda HR-V, medium SUV seperti Hyundai Tucson, dan high SUV diesel yaitu Pajero atau dengan bahan bakar bensin yaitu Mazda CX-5.

3. Crossover

Crossover
Nah, industri otomotif makin ramai dengan kategori ini. Secara tidak sadar, banyak orang awam yang sering mengatakan bahwa mobil crossover adalah SUV. Jika dilihat dari tampak luarnya seperti bentuk serta ukurannya, memang mobil ini mirip denga low SUV dan medium SUV.

"Crossover ini kayak gabungan sebenarnya. Contoh Nissan Juke, mobilnya cukup tinggi kan tapi setelah lihat dalemnya itu sempit. Jadi dibilang SUV sempit, dibilang hatchback kok tinggi. Kan membuat orang berdebat ini SUV atau hatchback, yah semacam itu lah."

Crossover

Bisa dibilang alasan pabrikan mengambil jalur tengah membuat mobil jenis crossover ini, kembali pada fungsi personal penggunanya. Contohnya permintaan pasar menunjukkan minat dengan mobil yang cukup tinggi tetapi tidak perlu kapasitas banyak, pilihannya bisa jatuh pada Nissan Juke, Mitsubishi Outlander, Honda CR-V, dan sebagainya.

Atau, ketika ingin desain seperti medium SUV tetapi dengan kapasitas yang lebih banyak mencapai 5 - 7 orang. Pilihannya bisa jatuh pada Honda BR-V.

Baca Juga: Profil - Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate, Semakin Gagah Dan Tangguh