Nyetir New Toyota Avanza 2019 Lebih Stabil Gara-gara Ini  

Nyetir New Toyota Avanza 2019 Lebih Stabil Gara-gara Ini   Nyetir New Toyota Avanza 2019 Lebih Stabil. Foto: Rio/KabarOto

KabarOto.com – Meneruskan cerita perjalanan nyetir New Toyota Avanza 2019 sepanjang Cirebon hingga Yogyakarta. KabarOto masih takjub tentang bagaimana LMPV andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini berevolusi.

Setelah membahas soal kenyamanan yang berasal dari improvement di sokbreker dan per baru, lalu ada juga tambahan peredam di 3 bagian yang bikin kabin lebih senyap. Kini KabarOto akan mengulas rahasia, kenapa nyetir New Avanza baru ini bisa lebih menyenangkan.

Baca juga: Kabin Mobil New Toyota Avanza 2019 Lebih Senyap, Kenapa Ya?

Menyenangkan sebab handling New Avanza ini tak hanya lebih stabil saat di kecepatan tinggi, setir pun lebih mudah diputar ketika di kecepatan rendah. Ini disebabkan ada improvement di sistem elektrik power steering-nya.

“Jadi seting di ECU kita tingkatkan, agar setir lebih ringan di kecepatan rendah. Tapi lebih stiff di kecepatan tinggi,” papar Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT TAM yang ikut di rombongan jurnalis.

New Toyota Avanza 2019
New Toyota Avanza 2019 Lebih Stabil

Kalau lihat grafiknya, kuncinya adalah pengurangan torsi putaran setir untuk kecepatan rendah yakni di bawah 60 kpj. Sehingga setir lebih mudah diputar tangan. Ini terbukti saat KabarOto harus beberapa kali parkir sepanjanga perjalanan journalist test drive, mulai di hotel atau ketika rombongan sampai di restoran.

Apalagi di varian New Veloz yang telah dilengkapi sensor mundur dan kamera belakang. Alhasil, tak butuh maju mundur berkali-kali untuk mendapatkan posisi parkir ideal.

 karakter setir New Avanza 2019
Titik biru adalah karakter setir New Avanza 2019

Nah, kalau dilihat grafiknya lagi. Ketika New Avanza mencapai kecepatan lebih dari 80 kpj. Torsi putaran setir justru dibuat lebih berat. Ini sangat efektif membuat KabarOto lebih percaya diri, sebab setir yang terlalu ringan di kecepatan tinggi justru terasa bikin bodi seakan-akan mudah berpindah jalur.

Proses ini terbukti saat melintas tol sepanjang Cirebon hingga Semarang yang mencapai 200 km. Terlebih kondisi jalan tol yang lebih banyak trek lurus. Alhasil pengemudi cukup konsentrasi menjaga konsentrasi agar tidak mudah ngantuk, karena handling New Avanza sudah jauh lebih stabil.

Baca juga: Toyota Corona Absolute ST 191 1997 Berpenampilan Kalem Ini Pakai Mesin Mobil Reli

Memang, bahayanya ketika beberapa kali terkena angin dari samping, yang umum terasa di jalan tol dengan area kiri dan kanan kosong. Hal ini bikin terasa bodi sedikit goyang.

Nah, kuncian lain adalah bushing-bushing di kolong yang ikut ditingkatkan. “Bushing strut bar, swing arm dan lateral rod kita bikin lebih solid,” sambung Didi lagi.

bushing yang ditingkatkan
Bushing-bushing yang ditingkatkan

Tercatat, ada 4 bushing strut bar yang ditingkatkan, 4 bushing swing arm dan 2 bushing lateral rod. Seluruh bushing ini membuat gerakan tak perlu yang biasa diakibatkan oleh guncangan di jalan, terasa lebih minim dan efek serunya adalah membuat bodi New Avanza lebih stabil.

Makin pede kan nyetir New Avanza atau Veloz baru ini.

Baca juga: Mengulas Sejarahnya Toyota Avanza Dari Masa Ke Masa