Kabin New Toyota Avanza 2019 Lebih Senyap, Kenapa Ya?  

Kabin New Toyota Avanza 2019 Lebih Senyap, Kenapa Ya?   Kabin New Toyota Avanza 2019 Lebih Senyap.

KabarOto.com – Pasti sudah banyak yang aware soal penampilan New Toyota Avanza 2019, yang kini mirip dengan keluarga MPV Toyota lainnya. Misal ciri khas lampu bertingkat ala Toyota Vellfire dan Voxy, pun fitur safety yang lebih lengkap.

Namun saat menempuh perjalanan selama Journalist Test Drive sepanjang Cirebon menuju Semarang hingga Yogyakarta. KabarOto merasakan langsung kalau ubahan yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) ternyata tak sekadar di eksterior loh. Banyak yang enggak kelihatan, namun efektif terasa saat dipakai jalan jauh.

Baca juga: Ini Rahasia Mobil New Toyota Avanza 2019 Lebih Nyaman

Artikel sebelumnya telah diterangkan soal kenapa New Avanza 2019 ini lebih nyaman. Kini KabarOto ingin menjelaskan kenapa duduk di kabin LMPV andalan Toyota ini terasa lebih senyap. Programnya masih sama, yakni Dynamic Improvement. Namun kali ini lebih spesifik di insulasi alias peredam yang terpasang.

New Toyota Avanza 2019
Jalan kencang di tol, kini lebih minim road noise

Saat diuji sepanjang jalan tol dari Cirebon ke Semarang, memang sepintas terdengar New Avanza ini lebih senyap. Road noise saat melintas jalan tol yang terbuat dari beton, yang umumnya mudah terdengar masuk kabin. Kini lebih minim.

Secara umum, Toyota mengakui kalau perbaikan peredam ini berhasil menurunkan suara yang masuk kabin. Kalau tadinya, dalam posisi idle, suara di kabin bisa mencapai 49 db. Pada New Avanza ini menurun hingga 2 db, yakni di kisaran 47 db.

Baca juga: Toyota Supra A90 Bermesin 2JZ Pertama Ini Punya Daigo Saito

“Improvement ini general. Jadi kita ada hitung-hitungannya, misal duduk di depan turun berapa db, lalu di belakang berapa db,” ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT TAM saat ngobrol bareng KabarOto.

Yang pasti, Toyota kini menambahkan peredam di 3 bagian New Avanza, yakni di firewall, lantai tengah, di bawah tuas transmisi dan terakhir di lantai bagasi.

peredam menempel sepanjang firewall
Terlihat peredam tambahan menempel sepanjang firewall

Penasaran, KabarOto pun mengintip bagian yang disebut. Paling mudah buka kap mesin. Memang benar, langsung terlihat ada peredam seperti busa kasar, yang memanjang dari sisi kiri ke kanan. Nah, peredam ini yang bertugas mengurangi suara dari ruang mesin.

New Toyota Avanza 2019

Namun memang, saat menjajal New Veloz di perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta. Ketika KabarOto melakukan kickdown dan mesin meraung hingga di atas 3.500 rpm. Suara mesin masih cukup terdengar di kabin. Tapi ini lebih dikarenakan akselerasi mendadak yang dilakukan.

Lalu bagian kedua yang dipasang peredam adalah ‘terowongan’ atau sisi tengah lantai, tepat di bawah tuas transmisi. Hanya saja, peredam yang terpasang tak bisa dilihat langsung, sebab tertutup oleh karpet dasar. Banyak yang mesti dibongkar kalau ingin melihatnya.

New Toyota Avanza 2019
Sayang bukanya susah, tapi di balik karpet itu terdapat lapisan peredam tambahan

Bagian terakhir peredam ada di lantai bagasi. Ini sebenarnya juga tertutup karpet dasar. Namun karena KabarOto penasaran, alhasil karpet dasarnya diangkat. Melepasnya cukup mudah, karena karpet ini cukup diselipkan sepanjang cover plastik yang ada di sisi kiri dan kanan bagasi, lalu tarik karpet juga yang diselipkan di cover plastik, dekat area pengunci pintu.

peredam tambahan di New Avanza
Busa tipis di bawah karpet dasar itu adalah peredam tambahan di New Avanza

Setelah itu, baru terlihat tambahan peredam dari busa tipis. Peredam ini cukup besar, menutupi hampir semua area bagasi. Bahannya seperti busa, setebal kira-kira 0,5 cm. Nah, busa ini yang bertugas meredam suara luar. Alhasil, kombinasi 3 peredam itu berhasil membuat kabin New Avanza 2019 lebih senyap. Baik saat dipakai jalan pelan atau cruising di jalan bebas hambatan.

Baca juga: Mengulas Sejarah Mobil Toyota Avanza Dari Masa Ke Masa