Toyota Supra A90 Bermesin 2JZ Pertama Ini Milik Daigo Saito

Toyota Supra A90 Bermesin 2JZ Pertama Ini Milik Daigo Saito

KabarOto.com – Kehadiran Toyota Supra memang sudah ditunggu para pecinta mobil, khususnya JDM. Pada akhirnya, mobil yang sudah pensiun sejak Agustus 2002 lalu ini, kembali dihidupkan oleh Toyota dengan generasi baru berkode bodi A90 pada tahun 2018.

Yang menarik dari Toyota Supra generasi lama, selain desain yang seperti tidak termakan zaman, keunikan lain terdapat pada balik kap mesinnya yang menggunakan mesin Toyota berkode 2JZ. Mesin yang banyak digunakan pada ajang balap ini, kabarnya mampu mengukir tenaga hingga 1.000 dk lebih loh. Namun, Toyota harus menghentikan produksi mesin ini, karena alasan regulasi yang tidak terpenuhi.

Baca juga: Toyota Supra Anyar Akhirnya Resmi Meluncur

Tetapi, pada generasi baru Supra A90, jantung mekanisnya mengandalkan mesin 4 silinder DOHC Turbo berkapasitas 1.998 cc (B48B20) dan 6 silinder Turbo berkapasitas 2.998 cc (B58B30). Kedua mesin tersebut adalah buatan pabrikan asal Jerman, BMW.

Namun asiknya, dari generasi baru ini, Toyota mengerti bahwa jarang pemilik Supra membiarkannya dalam keadaan standar. Toyota sudah menyediakan mounting bagi orang yang ingin melakukan swapped engine ke 2JZ.

Nah, baru-baru ini ada yang sudah melakukan swapped engine tersebut, padahal mobil ini masih terbilang baru dan harganya cukup fantastis. Modifikasi tersebut dilakukan oleh drifter terkenal negeri Sakura, Daigo Saito.

Mesin 2JZ GTE Twin Turbo, 3.000 cc, 6 silinder segaris dengan tenaga 800 dk, diambil dari kepunyaan Supra A80. Daigo memilih mesin ini, dengan alasan banyak komponen modifikasi yang dimilikinya, dan butuh waktu sekitar 42 hari sampai mobil ini benar-benar rampung dan siap balap.

Lalu kenapa tidak menggunakan mesin bawaan Supra A90, yang standarnya sudah B58B30 dengan tenaga 335 dk? Menurut Daigo, mesin tersebut masih terlalu baru dan belum banyak part modifikasi yang ada di pasaran. Lagi pula, Daigo selama ini memang dikenal selalu memakai mesin 2JZ untuk mobil-mobil balapnya.

Baca juga: Hanya 2 Unit Di Indonesia, Volkswagen Golf MKVII R Ini Dioprek Jadi Makin Kencang

Tidak hanya mesin diganti, bagian eksterior pun tak luput dari bedah modifikasi. Contohnya fender asli yang dikorbankan demi overfender, seluruh panel interior telah dilucuti demi mendapatkan bobot ringan ideal, adanya rollbar sesuai spesifikasi kompetisi, panel door trim karbon, setir Prodrive, serta panel instrument yang semuanya aftermarket.

Sistem pengereman mengandalkan model hidrolik, dengan BBK pada keempat rodanya, pelek racing dan radiator yang dipindah ke bagasi, sehingga terlihat ada ekstra fan. Pokoknya total modifikasinya gokil sob!

Supra generasi baru pertama yang sudah dimodifakasi total nih, bagaimana menurut kalian? (Deddy Darmanto)