POPULAR STORIES

Toyota Supra Anyar Akhirnya Resmi Meluncur

Toyota Supra Anyar Akhirnya Resmi Meluncur (Foto: Motorauthority, digital trend)

KabarOto.com - Yang dinanti-nanti, akhirnya peluncuran resmi sang legenda Toyota Supra 2020 dilaksanakan di Detroit Auto Show. Supra generasi terbaru ini mengadopsi mesin dari BMW. Sejalan dengan tradisinya, mesin 6 silinder segaris tak ditinggalkan dan masih berkapasitas 3.000 cc seperti 17 tahun lalu.

Mobil ini punya tenaga 335 dk dengan torsi 500 Nm. Dikutip dari Autoindustriya, Toyota mengklaim bahwa mobil ini bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 4,3 detik. Sayangnya, kecepatan maksimum tidak dijelaskan.

Selain itu, beberapa varian Supra ini juga disebut akan terdengar asing bagi para pecinta Supra. Seperti mesin 6- silinder turbocharger bernama RZ dan 4-silinder turbocharger bernama SZ-R dan SZ. SZ-R menghasilkan tenaga 254 dk dan torsi 400 Nm, persis dengan BMW 330i. Sedangkan SZ menghasilkan tenaga 194 dk. Semua mesin dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dengan mode sport. Tidak tersedia transmisi manual untuk kali ini.

Baca Juga: Toyota Supra Kondisi ‘Perawan’ Ini Terjual Rp1,1 Miliar

Supra masih setia dengan desain FT-1 yang menjadi konsepnya bertahun-tahun lalu. Lampu depan bergaya Supra generasi sebelumnya, A80, dan 'nose cone' yang terinspirasi dari mobil balap. Intake dan bilah besar ada di ujung depan membuatnya menjadi coupe Toyota yang benar-benar baru.

Ada banyak garis pada spoiler-nya yang berfungsi untuk memberikan aerodinamika bahkan sampai side skirt-nya. Setengah bagian atas mobil memiliki gaya kanopi jet-fighter dan atap gelembung.

Sementara bagian belakang adalah interpretasi dari Supra terakhir pada tahun 2002. Ada lampu ekor yang ramping, dan ventilasi memberikan kesan tampilan yang luas. Bumper belakang dan diffuser juga tak kalah agresif, sedangkan dimensinya, Supra tak lebih besar dari sedan keluarga, berukuran di bawah 4,4 meter.

Sedangkan interiornya tak seperti kebanyakan produk Toyota. Dasbor dilengkapi layar infotainment di tengah. Cluster instrument-nya merupakan perpaduan antara sistem digital dan analog.