POPULAR STORIES

Tim ITS Surabaya Berhasil Rajai Drivers' World Championship 2018

Tim ITS Surabaya Berhasil Rajai Drivers' World Championship 2018 Tim ITS Surabaya (Istimewa)

KabarOto.com - Sebuah prestasi membanggakan diraih Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berhasil meraih juara pertama di ajang bergengsi tingkat internasional Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship (DWC) 2018 di Sirkuit Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris, Minggu (8/7/2018).

Memulai lomba dari ‘Pole Position’, Tim Sapuangin ITS berhasil menyisihkan puluhan kontestan dari berbagai negara. Di ajang balap mobil hemat energi tersebut, wilayah Asia diwakili oleh tiga tim yang seluruhnya berasal dari tanah air.

Baca juga: Indonesia Juara di Kompetisi Shell Ideas 360 2017/2018 Di Inggris

Selain ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan mobilnya Sapuangin, juga ada tim Semar Urban dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan tim Garuda dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ketiga tim tersebut berhasil meraih tiket menuju grandfinal DWC 2018 di London, setelah menjadi tiga tercepat dalam final DWC Asia 2018 yang dihelat usai Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2018 di Singapura, pada bulan Maret lalu.

Tim ITS Surabaya

Tiga posisi teratas dalam adu kecepatan tersebut berhak melaju ke ajang grand final DWC di London, bertarung dengan tiga besar dari berbagai wilayah lain sedunia.

Meski sempat mengalami kerusakan teknis pada sesi latihan, stang mobil patah. Namun kendaraan tim ITS Team 2 yang dikendarai oleh Moch Hafis Habib seakan kembali bangkit, dan berhasil keluar sebagai yang tercepat untuk kategori "Urban Concept" terbaik dari seluruh dunia untuk mencari pengemudi terhandal yang paling efisien dalam berkendara.

Manager Tim ITS Team 2, Rafi Rasyad mengungkapkan "Ini adalah pencapaian yang luar biasa. Kerja keras kami bersama tim dan dosen pembimbing selama berbulan-bulan terbayar dengan menjadikan karya kami Sapuangin XI Evo 2 sebagai mobil yang tercepat dan terhemat di dunia," ujarnya.

Tim ITS Surabaya

"Kami tak henti-hentinya mengucapkan syukur kepada Allah S.W.T atas pencapaian ini. Dukungan yang diberikan oleh banyak pihak, baik dukungan moril maupun materil, kami rasakan telah memberikan semangat tersendiri bagi tim. Ucapan terima kasih patut kami sampaikan kepada Shell Indonesia atas dukungan penuh untuk tim kami. Kemenangan ini bukan hanya milik kami, namun milik bersama, bangsa Indonesia," imbuh Rafi.

Sekadar informasi, Juara Shell-Eco Marathon World Driving Championships 2018 akan memperoleh hadiah dan pengalaman yang sangat berharga dari panitia lomba. Pemenang akan mendapatkan undangan untuk mengunjungi markas Scuderia Ferrari di Italia, dan bisa mendapatkan beragam pengetahuan serta belajar banyak dari para pakar di markas Ferrari.