POPULAR STORIES

Tinggal Satu Bulan Lagi Hayo Daftar SATU Indonesia Awards 2017

Tinggal Satu Bulan Lagi Hayo Daftar SATU Indonesia Awards 2017 Tinggal Satu Bulan Lagi Hayo Daftar SATU Indonesia Awards 2017 (Foto: Istimewa)

JAKARTA: Anda mengenal sosok anak muda atau kelompok komunitas di daerah sekitar yang mendedikasikan dirinya dalam program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka? Atau mungkin Anda sendiri memiliki program pemberdayaan masyarakat di daerah tempat tinggal Anda? Jika ya, segera daftarkan sosok anak muda, kelompok komunitas atau diri Anda untuk mengikuti SATU Indonesia Awards 2017, karena periode pendaftaran tinggal satu bulan lagi sebelum ditutup pada 10 Agustus 2017. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat dilakukan di www.satu-indonesia.com.

SATU Indonesia Awards merupakan program tahunan PT Astra International Tbk untuk mencari sosok anak muda di seluruh penjuru Tanah Air yang memiliki program pemberdayaan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Program yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dilaksanakan sejak tahun 2010 dan telah menghasilkan 39 penerima apresiasi karena kontribusi positif mereka bagi masyarakat sekitarnya di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, Kesehatan, Teknologi dan Kelompok.

Memasuki tahun ke-8 pelaksanaan, SATU Indonesia Awards 2017 yang dibuka sejak 20 Maret 2017 masih menerima pendaftaran bagi para pemuda bangsa hingga 10 Agustus 2017. Dalam rangka memperingati HUT ke-60, Astra juga akan memberikan bantuan dana pengembangan masyarakat sebesar masing-masing Rp60 juta untuk penerima apresiasi tingkat nasional, naik dari Rp55 juta tahun 2016 lalu.

Selain itu, penerima apresiasi juga akan mendapatkan pembinaan kegiatan dari Astra. Mereka yang terpilih menjadi penerima SATU Indonesia Awards adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Berusia maksimal 35 tahun.
2. Individu atau kelompok dengan jumlah anggota minimal 3 orang.
3. Memiliki kegiatan yang orisinal.
4. Penggiat/kegiatannya telah berlangsung minimal 1 tahun.
5. Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional.
6. Bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group.
7. Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti SATU Indonesia Awards 2017.

Kegiatan yang dapat didaftarkan dalam program ini adalah program yang dapat membantu dan mengusahakan orang lain agar bisa menjadi mandiri, dengan memberikan solusi, cara atau alat, bukan sekadar memberikan sumbangan atau donasi yang berdampak sementara. Juga dapat berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka punya keahlian dan dapat hidup mandiri.

Kegiatan-kegiatan yang membawa perubahan tersebut akan dinilai berdasarkan parameter berikut:

- Motif: Ide awal, jenis kegiatan, tujuan/motivasi/sasaran, bidang prestasi, usaha untuk mewujudkan dan pihak-pihak yang bekerjasama dan lembaga pendanaan.
- Hasil: Kegiatan dan hasil yang telah diciptakan.
- Jangkauan: Jumlah dan dampak pada orang atau sistem yang telah dibangun melalui program-program yang telah dilakukan.
- Kesinambungan: Menilai komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Apresiasi Tingkat Provinsi

Setelah 8 tahun berjalan, Astra meyakini masih banyak pemuda di pelosok Nusantara yang sebenarnya memiliki program pemberdayaan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya tetapi belum terjangkau oleh program ini. Hal ini terlihat dari tidak meratanya penyebaran pendaftar di 34 provinsi di Indonesia.

Oleh karena itu, mulai tahun ini, SATU Indonesia Awards akan mencari sosok inspiratif melalui seleksi di tingkat provinsi, yang juga akan menerima dana apresiasi. Sementara itu, untuk penerima apresiasi tingkat nasional, tiap-tiap kategori akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp60 juta dan pembinaan kegiatan.

Dewan juri SATU Indonesia Awards 2017 terdiri dari Prof. Emil Salim, Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia), Prof. Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI periode 2010-2012 dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta), Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) dan Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi). Seluruh masyarakat Indonesia yang mengetahui keberadaan dari para pemuda yang memiliki kriteria di atas dapat ikut terlibat dengan merekomendasikan dan mendaftarkan calon peserta. Berbagai program lain yang bisa diikuti adalah Sebar SATU Indonesia dan voting pemenang favorit. Untuk mengetahui perkembangan terkini mengenai SATU Indonesia Awards 2017 dapat dilihat melalui Facebook Fan Page: Semangat Astra Terpadu, Twitter: SATU_Indonesia dan Instagram: SATU_Indonesia.