POPULAR STORIES

Tips Agar Kopling Ganda Ford Fiesta Awet

Tips Agar Kopling Ganda Ford Fiesta Awet Kopling Ganda Ford Fiesta (foto: ist)

Mobil Ford yang mengusung Dual Clutch Technology (DCT) termasuk Ford Fiesta, menggunakan kopling ganda kering yang juga banyak diterapkan pada mobil Eropa dan mobil-mobil sport seperti Lamborghini dan Ferrari.

Kopling ganda kering (Dry Dual Clutch) pada Ford Fiesta tergolong teknologi yang cukup canggih, namun pola berkendaranya tidak bisa disamakan dengan menggunakan transmisi otomatis konvensional atau CVT.

Kerusakan dual clutch itu ada pada komponen koplingnya, bukan pada transmisi. Penyababnya bisa dari beragam hal, tapi yang paling sering akibat pengoperasian penggunanya, salah satunya adalah kebiasan mendiamkan tuas pada posisi D saat berhenti lama sampai prilaku perpindahan giginya yang kasar. Selain itu kondisi stop n go pada kemacetan Ibu Kota serta iklim panas juga sangat mempengaruhi sistem kerja dari dual clutch.

Monza Autosport berbagi tips Agar Kopling Ganda Ford Fiesta Awet :

  1. Hindari sering membawa kendaraan dalam kondisi macet karena salah satu kelemahannya adalah terjadi overheat pada tranmsisi yang dapat membuat rusak TCM.
  2. Kalau terjebak macet perhatikan untuk pindahkan tuas ke posisi N saat berhenti.
  3. Untuk kopling tidak ada oli karena memang dual clutch-nya kering, sebenarnya ini free maintenance seperti kopling manual biasa. Sedangkan untuk oli transmisi cukup ditambahkan bila kurang tidak perlu sampai ganti baru semuanya.

Baca Juga: