POPULAR STORIES

Tips Cara Pegang Setir Yang Baik

Tips Cara Pegang Setir yang Baik Posisi yang baik ketika tangan berada di posisi jam 9 dan jam 3 atau jam 10 dan jam 2. (Foto: Istimewa)

Mengendarai mobil mungkin terlihat mudah, namun tahukah Anda jika memegang setir ada cara tertentu yang bisa membuat nyaman pengemudinya sekaligus bisa berakselerasi dengan baik. Saat ini media online Kabaroto akan memberi tips cara pegang setir alias kemudi dengan baik.

Yuk tengok tipsnya. Sebelum memulai untuk pegang setir alias menyetir, sangat penting bagi Anda untuk mengatur posisi jok kemudi agar nyaman sewaktu menginjak pedal kaki dan mengendalikan setir.

Posisikan jok kemudi Anda agar tungkai kaki Anda masih sedikit tertekuk ketika kaki menginjak pedal kopling secara penuh dan lengan sedikit tertekuk ketika tangan memegang bagian atas roda setir.

Cara mudah mengetahui posisi tangan ketika pegang setir adalah dengan membayangkan setir seperti jam.

Posisi yang baik ketika tangan berada di posisi jam 9 dan jam 3 atau jam 10 dan jam 2.

Namun, setir mobil zaman sekarang sebaiknya berada di posisi jam 9 dan jam 3 karena tombol-tombol di setir bisa dijangkau lewat posisi ini.

Agar lebih rileks dan menghindari cedera pada tangan sebaiknya ibu jari tidak perlu mencengkeram lingkaran setir.

Ketika Anda ingin melalui belokan yang cukup sulit maka jaga posisi tangan agar tidak menyilang.

Sebelum berbelok, posisikan tangan pada posisi jam 12. Ketika ingin berbelok ke kanan maka tempatkan tangan kanan pada posisi jam 12 dan tangan kiri pada posisi jam 6.

Jika berbelok ke kiri maka tangan kiri ditempatkan pada posisi jam 12 dan tangan kanan pada posisi jam 6.

Perhatikan agar tangan Anda tidak menyeberang ke kiri atau melewati posisi jam 12 dan sebaliknya.

Gerakan tangan kanan diperbolehkan hanya saja dari posisi jam 12 maju ke posisi 6 sedangkan tangan kiri dari posisi jam 12 mundur ke posisi jam 6.

Memegang Setir Kemudi Anda bisa memilih satu diantara dua cara untuk menggerakkan roda setir.

Pertama adalah cara hand over yang cocok dipakai untuk memutar setir dengan cepat. Anda menyilangkan satu lengan diatas lengan yang lainnya.

Cara kedua adalah pull over atau bisa disebut juga hand to hand atau pull push. Cara ini membuat lengan Anda tidak pernah saling bersilangan.

Cara ini lebih dainjurkan karena lebih mengakomodasi mengembangnya airbag dengan baik jika terjadi kecelakaan.

Anda harus selalu memegang kemudi dengan kedua tangan. Jangan pernah memegang setir kemudi hanya dengan satu tangan apalagi sampai melepaskan kedua tangan Anda.

Perhatikan juga bahwa sebaiknya Anda tidak meletakkan barang-barang di dashboard karena untuk mengambil barang-barang tersebut, tangan akan masuk ke dalam roda kemudi.

Hal tersebut sangat berbahaya terutama ketika tangan Anda sedang masuk ke dalam roda kemudi dan di saat yang bersamaan harus membelokkan mobil. Inilah tips yang dikutip dari Toyota Astra.

Baca Juga: