POPULAR STORIES

Tips Hindari Waterspot Di Kaca Mobil Sobat

Tips Hindari Waterspot di Kaca Mobil Sobat

KabarOto.com - Salah satu faktor penyebab tidak nyaman saat berkendara adalah daya pandang pengemudi tidak maksimal. Pasalnya, area kaca depan mobil yang mulai terlihat buram. Biasanya dipengaruhi banyaknya noda pada kaca mobil yang sulit dibersihkan.

Padahal, noda ataupun kotoran pada kaca pun pada umumnya mudah dibersihkan. Seperti noda bekas cipratan air hujan yang sangat mudah diseka dengan wiper plus siraman air bersih atau ritual cuci mobil sekalipun.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Ini Tips Untuk Ban Mobil Sobat KabarOto

“Tapi kalau noda pada kaca sulit dibersihkan meskipun sudah berkali-kali dicuci. Dapat dipastikan kalau kaca mobil sudah banyak dihinggapi jamur pada permukaan luarnya, perlu penanganan khusus untuk menghilangkan jamur pada permukaan kaca,” jelas Roni Agung selaku Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter.

Munculnya jamur pada kaca biasanya disebabkan oleh air dan tidak dikeringkan kemudian langsung terpapar terik panas matahari. Kadang hujan dan terik mempercepat proses jamuran. Titik-titik air akan menguap dan meninggalkan kerak air. Selain itu proses pengeringan mobil tidak sempurna bisa juga menghadirkan jamur.

Baca juga: Tips Agar Mekanisme Mobil Selalu Sehat

Ia bilang, biasakan cuci mobil dalam kondisi apapun, terutama area kaca mobil guna hindari noda. Gunakan sabun dan langsung di lap kain bersih. Hindari matahari langsung terlalu sering agar noda bekas cucian tidak berbuah jamur.

“Tiap produsen mobil memiliki spesifikasi material kaca berbeda-beda. Jika salah penanganan bisa berdampak pula pada kaca mobil itu sendiri,” wanti Roni Agung. Ia pun menyarankan agar pengerjaannya dilakukan atau diawasi oleh profesional agar hasilnya sempurna.