POPULAR STORIES

2 Tips Ampuh Perpanjang Usia Pakai Ban

2 Tips Ampuh Perpanjang Usia Pakai Ban Setiap ban memiliki daya angkut maksimal. Kapasitas angkut yang dapat dibebani kepada ban dapat diketahui melalui indeks ban.

Kabaroto.com - Ban kendaraaan akan awet dan tahan lama seandainya dirawat dan digunakan dengan baik. Oleh karenanya, Anda jangan sampai lupa untuk memperhatikan hal-hal ini.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ban kendaraan menjadi cepat rusak. Satu di antaranya adalah kurangnya tekanan angin. Tekanan angin ban harus sesuai spesifikasi dan rekomendasi produsen ban. Informasi tekanan ban terdapat pada buku manual.

Pada beberapa kendaraan, terdapat stiker di doortrim yang menginformasikan ukuran tekanan ban. Jika tekanan melebihi yang disarankan, ban menjadi lebih keras dan daya cengkeram ban menjadi tidak maksimal. Jika tekanan terlalu rendah, dinding ban bekerja lebih keras dan dapat mengakibatkan defleksi berlebih.

Hal ini juga dapat menyebabkan ban benjol. Bahkan, yang lebih parah, ban bisa pecah. Kondisi ban kurang angin juga akan memperpendek usia ban. Karena itulah, periksa selalu konsisi ban dan cek tekanan angin minimal dua minggu sekali.

Faktor selanjutnya yang bisa memperpanjang usia pakai ban adalah usahakan untuk tidak melindas benda-benda tajam, seperti paku dan pecahan kaca, di jalan. Hindari pula menerabas jalan yang ada genangan oli dan minyak.

Itu karena karet ban rentan rusak jika terkena minyak dan oli. Anda harus memerhatikan permukaan jalan saat mengemudi. Pilih lintasan permukaan jalan, hindari lubang Usahakan tidak melintasi jalan berlubang. Jika sulit dihindarkan, kurangi kecepatan. Melibas lubang pada kecepatan tinggi dapat merusak ban. Ban bisa benjol, bahkan pecah.

Beban melebihi kapasitas ban. Setiap ban memiliki daya angkut maksimal. Kapasitas angkut yang dapat dibebani kepada ban dapat diketahui melalui indeks ban. Membawa muatan melebihi kapasitas angkut dapat menyebabkan ban rusak dan pecah.

Berita Terkait

Berita Terkait