POPULAR STORIES

Tips Merawat Dan Membersihkan Blok Mesin Sepeda Motor

Tips Merawat dan Membersihkan Blok Mesin Sepeda Motor Tips merawat dan membersihkan blok mesin sepeda motor. (foto: Istimewa)

Tampilan motor katanya bisa mencerminkan karakter atau kepribadian pengendaranya. Bener gak ya? Tapi mau seperti apa pun tampilannya, syarat pertama pasti motornya harus bersih dong. Bersih mulai dari mesin sampai bersih dari tampilan agar enak dilihat.

Apalagi pada bagian mesinnya yang mudah kotor, membersihkannya adalah salah satu perilaku untuk menjaga mesin dan part sekelilingnya awet. Bayangkan saja jika mesin kotor lalu debu atau lumpur yang mengering masuk secara tidak sengaja pada ke dalam mesin, malah bikin rusak kan?

Nah buat motor-motor dengan blok mesin mengkilap seperti motor-motor Honda lama, C90, C70, CB100 dan lain sebagainya, merawat lapisan krom pada bagian mesin bisa dengan beberapa tips berikut ini:

1. Siapkan oxal zuur atau pembersih keramik/porcelin yang sudah dicampurkan dengan air secukupnya.
2. Kemudian oleskan dengan kuas pada bagian yang kotor, jangan sampai terkenacat ataupun kulit.
3. Biarkan 30 menit kemudian oleskan kembali air sabun yang sudah diberikan sedikit minyak tanah.
4. Kemudian cuci sampai bersih blok mesin Honda.
5. Apabila kurang kinclong, bisa menggosoknya kembali menggunakan Brasso.

Catatan penting: saat membersihkan jangan sampai terkena bagian karet atau pun part kelistrikan lainnya.

Nah, jika blok mesin bersih, pasti jadi makin percaya diri kan untuk berkendara. Tips di atas juga bisa dipraktekkan pada bagian motor lain yang memiliki lapisan krom seperti shock breaker, handlebar dan lain sebagainya.

Solusi lain yang dapat dipraktekkan untuk membersihkan blok mesin, bisa menggunakan batu ijo (langsol) atau engine degreaser. Fungsinya adalah untuk menghilangkan aspal atau oli yang membekas pada mesin motor.

Baca Juga: