Tips Merawat Klakson Mobil

Tips Merawat Klakson Mobil Klakson Hella twin supertone (Asia Jaya)

Klakson mobil merupakan perlengkapan mobil yang cukup penting ketika digunakan saat berkendara. Karena fungsi klakson mobil berguna untuk memberikan tanda baik untuk peringatan atau mengingatkan pengemudi lain agar lebih berhati-hati atau memberitahu ada sesuatu. Agar dalam perjalanan dapat terhindar dari bahaya, maka selain merawat kontrol utama mobil, klakson juga perlu dirawat agar bisa terus digunakan. Berikut ini tips merawat klakson mobil dari Asia Jaya yang beralamat di jalan Pondok Gede Raya, No. 24, Bekasi.

Perhatikan Saat Menekan Saklar Klakson

Tips pertama adalah dengan menekannya dengan perlahan. Hal yang harus dihindari ketika menggunakan klakson mobil adalah memencet klakson dalam waktu yang lama, memencet dengan keadaan setengah tertekan, dan jangan menekan dengan keras. Klakson akan bisa panas bila dinyalakan dalam waktu yang lama, dan panas tersebut bisa memicu rusaknya klakson akibat saklar yang terbakar. Bila menekan dengan keadaan setengah tertekan maka klakson bisa memicu gesekkan suara yang tidak sempurna akibatnya juga bisa memicu percikan api yang bisa membakar saklar dari dalam.

Bijak Dalam Menggunakan Klakson

Klakson memiliki masa daya tahan produk yang berbeda-beda di tiap mereknya. Agar masa daya tahan klakson mobil tersebut bisa bertahan lama, maka gunakanlah klakson dengan bijak dan hindari penggunaan, seperti bermain-main, atau sekedar pamer. Penggunaan klakson yang kurang bijak sering kita temukan pada saat konvoi, touring, atau kampanye politik. Maka dari itu hal ini jadi salah satu tips merawat klakson yang tak kalah penting.

Penempatan Klakson Mobil

Salah satu masalah yang sering membuat klakson rusak adalah peletakkan klakson yang kurang tepat sehingga akan dengan mudah terkena air apalagi sampai terendam banjir. Seperti komponen kelistrikan lainnya, klakson juga sering rusak bila terkena air. Air yang masuk ke dalam komponen klakson ini akan dapat menyebabkan karat pada sisi dalam klakson mobil, dan merusak membrannya. Agar klakson dapat tetap terjaga kondisinya, pastikan mulut dari rumah keongnya menghadap ke atas dan atur agar air tidak dapat masuk ke rumah keong pada klakson sehingga hal ini menjadi cara merawat klakson yang sangat harus diperhatikan. Jika tidak ingin terkena air dan ingin praktis, belilah klakson mobil yang tahan dengan air.

Kualitas Produk Klakson Mobil

Harga menentukan kualitas dan daya tahan dari klakson mobil tersebut, bila Anda menginginkan klakson dengan kualitas terbaik maka pilihlah merek klakson mobil premium dan sudah memiliki citra brand yang kuat. Hindari membeli klakson mobil abal-abal atau palsu, karena tidak ada jaminan produk tersebut akan bertahan lama dan memberikan kualitas terjamin sehingga jadikan hal ini menjadi salah satu tips merawat klakson Anda, bahkan sebelum membelinya.

Itulah beberapa poin tips merawat klakson mobil yang bisa Anda terapkan pada kendaraan agar fungsi klakson dapat terus berjalan dalam waktu yang lama. Dengan mengetahui cara merawat klakson tentu Anda akan terhindar dari biaya pengeluaran perawatan mobil sehingga Anda akan diuntungkan secara finansial.

Baca juga :