POPULAR STORIES

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Suasana jalan banjir (Foto : Istimewa)

Hujan terkadang tidak menentu datangnya, kapan dan dimana kita berada. Di kota besar seperti Jakarta, hujan merupakan ancaman yang sangat menakutkan bagi pengguna motor. Terutama saat jalan raya yang kita lewati terendam banjir. Memang mesin motor tidak mati, tapi tahukah jika didalam air hujan yang menggenang itu bisa membahayakan kondisi motor dan mobil kita. Kali ini kabaroto berbagi tips untuk merawat motor saat musim hujan, baik itu yang menggunakan transmisi matic atau manual ala Yoyo salah satu mekanik AFI motor.

  1. Cek saluran bahan bakar. Jangan sampai ada yang terbuka apalagi bocor. kebocoran pada saluran bahan bakar akan membahayakan pengendara. Karena setiap saat bisa saja mesin mati dan bensin bercampur dengan air.
  2. Cek penutup pada sistem elektrik. Ketika musim hujan harus selalu di cek pada bagian penutup sistem elektriknya. Jangan sampai air hujan atau genangan air hujan merusak sistem elektrik kendaraan. Pastikan jika sebelum menggunakannya penutup pada sistem elektrik harus sudah tertutup dengan benar.
  3. Cuci kendaraan setelah kehujanan. Air hujan bersifat asam dan bisa merusak bagian motor yang terbuat dari besi. Jika tidak langsung dicuci dikhawatirkan akan menyebabkan karatan pada motor.
  4. Gunakan silikon spray secara berkala. Gunanya untuk membersihkan bagian motor yang berbahan karet. Silikon spray akan membuat mobil tampak lebih bersih apalagi jika sering digunakan ketika musim hujan.
  5. Cek Oli kendaraan. Pelumas pada motor harus diganti secara rutin, penggantian ini bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Gunakan pula pelumas yang sesuai dengan mesin motor atau mobil Anda.

Baca juga :